0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Evaluasi Kurikulum 2013 : Guru Masih Dalam Tahap Penyesuaian

Solo — Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Solo mengungkapkan, berdasarkan hasil rekap evaluasi implemantasi Kurikulum 2013 di 12 SD percontohan di Kota Solo, guru belum sepenuhnya menguasai proses penilaian deskriptif sebagaimana ketentuan Kurikulum 2013. Dari kesimpulan itu, proses penilaian hasil belajar siswa masih harus diperdalam.

“Evaluasi implementasi Kurikulum 2013 di 12 SD percontohan telah digelar 2-7 September 2013,” jelas Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum Pendidikan Dasar (Dikdas) SD Dinas Dikpora Kota Solo, Tatik Sudiarti saat bertemu wartawan, di Solo.

Ke 12 SD tersebut adalalah SDN Bulukantil, SDN Tempel, SDN Bayan, SD Islam Al Abidin, SD Warga, SDN Begalon II, SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat, SDN Kleco I, SDN Kanisius Keprabon I, SD Muhammadiyah 24, SD Al Irsyad dan SDN Kratonan III.

Kasi Dikdas SD Dinas Dikpora Kota Solo mengatakan bahwa saat ini guru masih dalam tahap penyesuaian dengan sistem penilaian yang baru sehingga tidak mudah untuk langsung menerapkan sistem baru tersebut.

Terlebih lagi, sistem penilaian yang baru dengan yang lama cukup berbeda. Dalam implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), penilaian menggunakan angka (kuantitatif), namun kini untuk dalam implementasi Kurikulum 2013 menggunakan penilaian deskriptif.

“Hasil belajar siswa dinilai dalam bentuk verbal atau deskriptif untuk memberikan gambaran akurat mengenai capaian hasil belajar siswa. Namun demikian, secara umum Kurikulum 2013 telah 80 persen diimplementasikan di 12 SD percontohan tersebut,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge