0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pertumbuhan Kredit Perumahan dan Kendaraan Melambat

MAKET PROPERTI-Maket properti yang dipajang dalam pameran properti di atrium Solo Paragon Lifestyle Mall (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo – Pertumbuhan kredit pemilikan rumah (KPR) dan kredit kendaraan bermotor (KKB) di kawasan Soloraya sejauh ini cenderung melambat. Berkurangnya kredit untuk kepemilikan flat dan rumah tinggal sampai dengan tipe 21 ditengarai menjadi salah satu pemicu hal tersebut.

Sebagaimana disampaikan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Ismet Inono, berdasarkan jenis penggunaan kredit konsumsi, khusus untuk kredit pemilikan rumah (KPR) dan kredit kendaraan bermotor (KKB) bank umum cenderung mengalami pertumbuhan yang melambat.

Outstanding KPR bank umum pada Juli 2013 mencapai Rp 3,55 triliun dengan mencatat pertumbuhan sebesar 12,74 persen (year on year). Relatif lebih rendah dari tahun sebelumnya yang mencapai 38,62 persen (year on year).

“Penurunan ini disebabkan berkurangnya kredit untuk kepemilikan flat dan kepemilikan rumah tinggal sampai dengan tipe 21,” terang Ismet Inono, Sabtu (14/9).

Sedangkan outstanding KKB bank umum pada Juli 2013 mencapai Rp 344,05 miliar dengan pertumbuhan sebesar 20,11 persen (year on year). Kredit KKB ini cenderung didominasi kredit kepemilikan kendaraan roda empat dengan porsi 88,94 persen dari keseluruhan kredit kendaraan bermotor.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge