0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hello Market 2013

Mau Uji Kesabaran? Lipatlah Kertas!

Salah satu stand di Hello Market Solo 2013 di CCP (Dok.Timlo.net/ Heru Murdhani)

Solo — Seni melipat kertas atau yang lebih dikenal dengan nama Origami ini terkenal berasal dari Jepang, dari kata “Ori” yang berarti lipat dan “Gami” yang berarti kertas.

Meski kelihatannya mudah, permainan ini dapat mengukur kesabaran, serta keuletan lho! Seperti dalam acara Hello Market Solo di Computer Center Point (CCP), Sabtu-Minggu (7-8/9) lalu, sederet kreasi dari kertas lipat memenuhi salah satu stan yang ada di sana.

Wah, bagaimana sih, tahapan membuat karya seni lipat itu? Nah, Timlo.net kali ini langsung menemui salah seorang pakar origami dari Kelompok Damar Ati, siapa lagi kalau bukan Damar. Menurut Damar, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan seseorang untuk dapat menghasilkan karya origami.

“Tahapannya ada 5, yaitu basic, 2 dimensi, medium, hard, dan expert, kalau sudah tingkatan expert ini tidak bisa dianggap main-main, Mas. Karena tingkat kesulitannya bisa 150 lipatan, bahkan lebih,” kata lelaki yang berkarya di Pondok Origami Jl.Widyapura 12 Rt 2/22 Singopuran ini.

Jika lima tahap itu bisa dilalui dengan lancar jaya, maka menurut koordinator Kelompok Damar Ati ini, membuat origami bisa terasa mudah.

“Sebenarnya Origami itu gampang, Mas, tetapi ada beberapa tahap yang memang harus dilalui dengan telaten dan teliti,” tutur Damar.

Nah, dengan keterampilan ini, seseorang dapat menguji keuletannya sendiri. Mau belajar origami? Nah, datang saja langsung ke Pondok Origami. Setiap Kamis komunitas yang diikutinya membuka lebar-lebar ruang kreatif kita untuk pelatihan origami. Lagi pula, saat ini Kelompok Damar Ati lagi gencar-gencarnya mengampanyekan permainan anak yang lebih mencerdaskan, kreatif, dan inovatif.

“Kami mencoba untuk memberikan salah satu pilihan permainan yang kreatif, inovatif, dan mencerdaskan,” tandasnya.

Anda sudah ulet belum? Cobalah keterampilan origami!



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge