0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dapat Hibah Gamelan, SDN 1 Pare Gelar Wayangan

(Ilustrasi) Karawitan (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — SDN 1 Pare, Selogiri, Wonogiri menggelar konser karawitan dilanjutkan pentas wayang semalam suntuk di halaman sekolah, Sabtu (14/9). Ini merupakan wujud syukur atas diperolehnya bantuan hibah berujud bangunan dan seperangkat gamelan perunggu baru-baru ini.

Dalam rilis yang diterima Timlo.net, Kepala SDN 1 Pare, Sunarimo mengungkapkan, pihaknya baru saja menerima bantuan hibah dari Direktorat Pembinaan Kesenian dan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Hibah berupa bangunan joglo budaya dan seperangkat gamelan komplit dari perunggu.

“Sebagai wujud rasa syukur, kami menggelar konser karawitan oleh siswa-siswi hari ini. Kemudian pada malam hari nanti akan ada wayang dengan dalang Ki Widodo Wilis mengambil lakon Semar Mbangun Kahyangan Kedempel,” ungkap Sunarimo.

Direncanakan, sebagian wiyogo alias penggamel dalam wayang, berasal dari negara Perancis. Mereka adalah para pemuda yang tertarik mendalami budaya karawitan dan pedalangan.

“Bukan berarti kami ingin menampilkan keunggulan wiyogo negara lain. Tapi kami berharap ini bisa menjadi semacam pemicu bagi kita agar lebih mencintai budaya bangsa sendiri,” lanjutnya.

Pagelaran wayang dan konser tersebut, menurut dia, bersifat terbuka untuk umum. Sehingga, siapapun yang tertarik dipersilahkan ikut menyaksikannya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge