0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kekeringan, Facebooker bakal Ngebor Air Bawah Tanah

Anding Sukiman, (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri —  Anggota grup facebook Suara Rakyat Wonogiri (SRW) bersama berbagai pihak swasta membuat gerakan kepedulian dan berencana mengebor salah satu sungai bawah tanah di Dusun Tangkil, Desa Paranggupito, Kecamatan Paranggupito, Wonogiri. Hal ini dilakukan untuk mengatasi problem kekeringan dan krisis air bersih yang melanda wilayah Wonogir selatan.

Anding Sukiman, koordinator gerakan kepedulian, Jumat (13/9) mengatakan, pendanaan bukan dari pemerintah. Namun, dari para facebooker berasal dari berbagai pihak masyarakat dan swasta.

“Anggota grup sudah banyak. Rencananya pengeboran dilakukan tanggal 22 September. Didahului dengan doa bersama di lokasi pengeboran, 21 September mendatang. Jika berhasil, bisa keluar air hingga 30 liter per detik, cukup untuk memenuhi kebutuhan air di Paranggupito,” kata Anding.

Soal pemilihan lokasi, dirinya mendasarkan pada kajian yang dilakukan Dr Ari Rustandi, alumni dari Jerman. Mereka mendeteksi adanya dua sungai bawah tanah dusun tersebut.

Sungai bawah tanah pertama diperkirakan selebar 32 meter dengan kedalaman 107 meter. Adapun sungai kedua diperkirakan selebar 20 meter dengan kedalaman 97,8 meter.

“Program yang kami jalankan adalah memanfaatkan potensi sungai bawah tanah. Lokasinya milik perorangan di Dusun Tangkil, Desa Paranggupito. Dengan demikian, semua lahan tersebut adalah milik warga yang telah dihibahkan atau dibebaskan,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pengairan Energi dan Sumber Daya Mineral (DPESDM) Wonogiri, Arso Utoro mengatakan, rencana itu mempunyai maksud yang baik. Meski demikian, mereka diminta memberitahu dan berkoordinasi dulu dengan Pemkab agar tidak terjadi tumpang tindih dengan program serupa dari pemerintah atau pihak lain.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge