0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Antisipasi Kebakaran, Boyolali Siagakan 4 Mobil Damkar

dok.timlo.net/nanin
Sejumlah petugas terpaksa mendorong mobil pemdam kebakaran (Damkar) yang mogok (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Maraknya kasus kebakaran di wilayah Boyolali, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menyiagakan empat mobil pemadam kebakaran (Damkar) selama 24 jam. Mobil Damkar disiagakan di Kantor BPBD Jl Pandanaran. Selain mobil Damkar, petugas juga disiagakan dalam dua shift.

Kasi Kedaruratan BPBD Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetyo menjelaskan, Mobil Damkar yang disiagakan bisa diakses seluruh masyarakat Boyolali. Sementara untuk menghindari kerusakan dan kemacetan saat digunakan, petugas melakukan perawatan setiap hari.

Seperti contoh, salah satu mobil Damkar yang bila mesinya tidak dipanasi beberapa jam setiap harinya, petugas terpaksa mendorong. Pengecekan perlengkapan juga dilakukan, seperti regulator Damkar dan selang air. Sementara untuk pasokan air mobil Damkar, selama ini mengambil di sumber air Tlatar.

“Kita siagakan empat Damkar dan petugas yang siap melayani masyarakat yang membutuhkan bantuan pemadam kebakaran,” ungkap Yoyok, panggilan akrab Kurniawan Fajar Prasetyo, Jumat (13/9).

Selain itu, pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dan waspada. Pasalnya kasus kebakaran yang sering terjadi di Kota Susu lebih banyak dikarenakan faktor humas error, seperti lupa mematikan api di tungku. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk selalu melakukan pengecekan terhadap instalasi listrik. Yang perlu diwaspadai, adalah perkampungan padat.

“Terutama warga yang tinggal di perkampungan padat, harus ekstra waspada, mengingat cuaca yang sangat panas dan angin kencang, sangat mudah api menjalar ,” imbuh Yoyok.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge