0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Walikota: Bulog Harus Jamin Kualitas Raskinda

(Ilustrasi) Beras (Dok.Timlo.net/ Nanin)

Solo —  Walikota Solo Hadi Rudyatmo meminta adanya jaminan soal kualitas beras jika nantinya Badan Urusan Logistik (Bulog) ditunjuk sebagai pihak yang melakukan pengadaan beras untuk program beras miskin daerah (Raskinda). Pasalnya, stigma jeleknya kualitas beras Bulog untuk program Raskin sangat melekat di masyarakat.

“Kalau penunjukan langsung ke Bulog, bisa nggak Bulog memberi jaminan. Diolah dan ditanak saja dulu contoh berasnya. Jangan sampai terjadi kualitas beras yang sama (dengan beras Raskin),” kata Walikota Hadi Rudyatmo kepada wartawan, Jumat (13/9).

Menurut Rudy –sapaan Walikota Solo, pihaknya tidak mempermasalahkan jika nantinya pengadaan Raskinda menggandeng Bulog, sepanjang tidak melanggar peraturan yang ada. “Yang penting tidak kecocok paku (masalah hukum –Red). Masak mau bantu rakyat miskin kecocok paku,” jelasnya.

Selain soal kualitas beras, jika pengadaan Raskinda ditangani Bulog, Walikota juga berharap Bulog dapat mengambil beras langsung ke petani. Dengan pola ini diharapkan program Raskinda juga menguntungkan petani.

“Jadi bisa nggak Bulog hanya pemegang lisensi, berasnya beli ke petani. Tadinya kita kan maunya beli langsung ke petani, tapi petani kan nggak bisa ikut tender,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Kantor Ketahanan Pangan (KKP) Kota Solo, Basuki Anggoro Hexa mengatakan, setelah dilakukan kajian kembali dengan Bagian Organisasi, pengadaan Raskinda dengan penunjukkan langsung dimungkinkan merujuk Inpres No 3/2012. Sebelumnya KKP menyatakan pengadaan Raskinda harus melalui lelang mengacu pada Perpres No 70/2012.

“Sudah didiskusikan ternyata bisa (pengadaan lewat Bulog). Hari ini saya akan membahas lagi bersama Bulog,” tuturnya.

Hexa menambahkan, pihaknya mengaku telah mendapat beberapa sampel beras dengan berbagai varian harga. “Sudah ada sampel kalau harga Rp 7.600 seperti ini, Rp 7.800 seperti ini,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge