0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tahun Ini, 22 Mahasiswa Asing Kuliah di ISI Solo

Salah satu kegiatan menari massal di kawasan kampus ISI Solo (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo —  Sebanyak 22 mahasiswa asing dari sejumlah negara akan mengikuti kegiatan perkuliahan pada Tahun Akademik 2013/2014 di Institut Seni Indonesia (ISI) Solo.

“Mereka akan mengikuti kuliah selama enam bulan hingga satu tahun. Mereka akan memperdalam ilmu seni budaya meliputi karawitan, tari, etnomusikologi, pedalangan, dan fotografi,” jelas Kepala Urusan Internasional (KUI) ISI Solo, Prasadiyanto kepada wartawan di kampus ISI Solo, Kamis (12/9).

Prasadiyanto mengatakan, para mahasiswa asing tersebut diterima di ISI melalui beasiswa Darmasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sedianya tahun ini, ISI Solo menerima 25 mahasiswa asing, namun tiga di antaranya mengundurkan diri sehingga tersisa 22 mahasiswa.

Ditambahkan, para mahasiswa tersebut berasal dari Amerika Serikat, Inggris, Kamboja, Ukraina, Spanyol, Meksiko, Yunani, Jepang, Hungaria, Italia, Kroasia, Suriname, Serbia, Slovenia, dan Rusia. “Tahun ini jumlah negara lebih beragam dibandingkan tahun lalu yang masih didominasi dari Amerika Serikat, Inggris, dan Australia,” jelasnya.

Menurutnya, Jurusan Karawitan, Pedalangan dan Tari menjadi tiga besar favorit mahasiswa asing. Namun ketika sudah berada di ISI Solo, banyak mahasiswa yang tertarik untuk mempelajari ilmu lainnya semisal batik, keris, lukis, seni pahat dan lainnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge