0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wagub: Ayo Cintai Produk Jateng!

Wagub Jateng Heru Sudjatmoko membuka kegiatan Pembinaan Kelompok Tani dan Monev Bank Dunia di RT 05/RW 19 Kadipiro, Banjarsari, Solo (dok.timlo.net/daryono)

Solo —  Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko prihatin atas besarnya impor untuk kebutuhan pangan. Hal itu disampaikan Heru saat membuka kegiatan Pembinaan Kelompok Tani dan Monev Bank Dunia di RT 05/RW 19 Kadipiro, Banjarsari, Solo, Kamis (12/9).

Menurut mantan Bupati Banjarnegara ini, kebutuhan pangan seperti buah dan sayur hampir 70 persen dipenuhi melalui impor. Hal tersebut ironis dimana Indonesia merupakan negara agraris. “Untuk kedelai, 70 persen juga impor. Termasuk buah-buahan yang dijual pedagang kaki lima (PKL) sebagian besar juga buah impor. Ini sangat memprihatinkan,” katanya.

Untuk itu, pemerintah diminta untuk menjadi garda terdepan dalam menekan impor dengan memberdayakan petani. Pemberdayaan itu dilakukan dengan menunjukkan secara nyata keberpihakan pemerintah terhadap petani.

“Saya mendorong kesadaran warga untuk membeli yang lokal. Asam sedikit enggak apa-apa, yang penting cinta produk Jateng. Jadi kita tidak tergantung dengan produk impor,” ujarnya.

Walikota Solo Hadi Rudyatmo yang juga hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan pihaknya berharap adanya kebijakan-kebijakan khusus Pemerintah Provinsi Jateng yang mana kebijakan tersebut dapat selaras dengan program wareg, waras, wasis, mapan dan papan yang dicanangkan Pemkot Solo.

“Kalau masyarakat sudah wareg, waras ,wasis, mapan dan papan, pastinya tidak ada lagi tawuran di masyarakat,” ungkapnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge