0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sekda: Proyek Multi Years Pasar Soekarno Belum Dinyatakan Dilarang

Agus Santosa, Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo (Dok. Timlo.net/ Sahid)

Sukoharjo — Meski rencana proyek multi years untuk pembangunan Pasar Ir Soekarno melalui APBD Perubahan 2013 di nilai tidak wajar oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Dan Jasa Pemerintah (LKPP) dan Kemendagri, namun Pemkab Sukoharjo tetap bersitegas mengajukan anggaran Rp 8,2 miliar untuk penyelesaian pembangunan Pasar Soekarno.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Agus Santosa mengatakan, berdasarkan hasil konsultasi ke Kemendagri dan LKPP, rencana proyek multi years tersebut tidak di tolak. Namun konsep tersebut di nilai tidak wajar karena belum ada instrumen hukumnya.

Sekda menjelaskan, LKPP mengatakan jika syarat multi years harus dipenuhi terlebih dahulu. Seperti langkah pertama yakni ikatan dengan rekanan harus dibereskan terlebih dahulu. Proyek tunggal harus di berhentikan atau diterminasikan. Setelah itu baru langkah penyusunan kegiatan.

“Itu belum dikatakan sebagai larangan. Hanya saja aturannya memang belum ada. Sementara pada saat kita konsultasi kemaren hal itu tengah di bahas Kemendagri. Intinya, mereka menyarankan agar audit diselesaikan terlebih dahulu,” ujar Agus.

Atas pertimbangan belum adanya larangan itu, Pemkab Sukoharjo tetap mengajukan anggaran penyelesaian pembangunan Pasar Soekarno sebesar Rp 8,2 miliar ke dalam KUA-PPAS APBD P-2013. Pada prinsipnya menurut Pemkab, dana untuk Pasar Soekarno harus disediakan. Saat ini, Pemkab menunggu hasil audit.

“Sesuai Perpres nomor 52 terdapat aturan jika proyek dikatakan multi years jika dibiayai melalui 2 tahun anggaran atau lebih. Sementara terkait waktu dimulainya apakah harus awal tahun, atau pertengahan tahun tidak tercantum,” tuturnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge