0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lukminto Tak Menghadiri Sidang, Hotma Sitompul Berang

Hotma Sitompul, pengacara terdakwa Anthon Wahju Pramono. (Dok.Timlo.net/ Heru Murdhani)

Solo — Sidang kasus ancaman pembunuhan terhadap bos Sritex, H Lukminto dengan terdakwa Anthon Wahju Pramono kembali digelar, Kamis (12/9) di Pengadilan Negeri Solo. Dalam sidang ini, Lukminto kembali tidak hadir dalam persidangan.

Ketidakhadiran Lukminto dalam persidangan ini membuat kuasa hukum Anthon, Hotma Sitompul berang. Suasana ruang sidang sempat memanas, karena Bos PT Sritex ini telah beberapakali mungkir dari sidang. Tim pengacara terdakwa bahkan meminta pengadilan untuk memerintahkan kehadiran saksi.

Saat ditemui seusai sidang, Hotma masih terlihat berang. Menurut Hotma, Lukminto melecehkan persidangan. “Jangan dia itu merasa above the law, tidak ada orang di negeri ini yang berada di atas hukum,” ungkapnya dengan nada tinggi.

Senada dengan Hotma, anggota tim pengacara terdakwa, Agustinus Hutajulu menyatakan, pengadilan harus memaksa Lukminto untuk dihadirkan di persidangan.

“Menurut pasal 159 (KUHAP — Red)menyatakan apabila hakim memandang saksi atau korban tidak hadir tanpa alasan yang jelas, maka hakim dapat memerintahkan untuk dihadirkan,” ujar Agustinus.

Menurut Agustinus, alasan ketidakhadiran Lukminto itu terlalu dibuat-buat, bahkan surat keterangan dari dokter hanya menyatakan bahwa Lukminto akan berobat ke luar negeri.

“Surat keterangan dokter itu seharusnya menyatakan sakit atau tidaknya seseorang, tetapi ini tidak, surat keterangan dokter ini hanya berisi dia itu mau berobat ke luar negeri,” tuturnya.

Sementara sidang ditunda hingga dua pekan mendatang.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge