0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pengurus Kelurahan Golkar Solo Desak Pencabutan Pemberhentian Hardono

Sejumlah Pimpinan Kelurahan (PL) Partai Golkar Solo. (Dok.Timlo.net/ Daryono)

Solo — Konflik di tubuh Partai Golongan Karya (Golkar) Solo terus bergulir. Sejumlah Pimpinan Kelurahan (PL) Partai Golkar yang tersebar di empat kecamatan menilai Surat Keputusan (SK) Pemberhentian Hardono sebagai Ketua DPD II Partai Golkar Solo cacat hukum. Dengan mengatasnamakan kader Partai Golkar Solo, mereka mendesak jajaran DPD I Partai Golkar Jawa Tengah untuk mencabut SK tersebut.

“Pemberhentian Hardono sebagai Ketua DPD II cacat hukum. Hal ini lantaran mosi tidak percaya yang disampaikan empat Pimpinan Kecamatan (PK) ke DPD I hanya ditandatangani Ketua PK tanpa tanda tangan Sekretaris PK. Selain itu pengajuan mosi tidak percaya juga tidak melibatkan PL,” kata Juru Bicara PL Partai Golkar Se-Solo, Wagiman, saat menggelar jumpa pers, Kamis (12/9).

Dijelaskan, sebelumnya, 36 PL Partai Golkar Se-Solo sebenarnya telah menyatakan sikap dengan menemui jajaran DPD I pada 29 Agustus 2013. Pada pertemuan itu para PL menyatakan menolak pengajuan mosi tidak percaya yang disampaikan 4 PK. Hanya saja, ternyata DPD I Golkar Jateng tidak merespon pernyataan para PL.

Ditambahkannya, SK pemberhentian Hardono juga dinilai rancu. Pasalnya , sesuai Peraturan Organisasi (PO) Partai Golkar 259/DPP/VI/2013 tentang pembentukan Badan Koordinasi Pemenangan Pemilu (BKPP), disebutkan jabatan Ketua BKPP secara otomotis dijabat Ketua DPD II.

“Hardono diberhentikan dengan SK pemberhentian tertanggal 2 September. Sementara pada 5 September Hardono juga dilantik sebagai Ketua BKPP. Ini kan rancu,” tegas Wagiman yang juga PL Partai Golkar Kadipiro ini.

Karena dinilai cacat hukum, pihaknya mendesak posisi Hardono sebagai Ketua DPD II Partai Golkar Solo dikembalikan semula. Jika DPD I tidak merespon desakan itu, pihaknya akan melakukan gugatan hukum ke PTUN.

Wagiman mengaku pernyataanya mewakili 36 PL Partai Golkar di Kecamatan Banjarsari, Serengan, Laweyan dan Jebres. Dalam jumpa pers tersebut sejumlah pengurus PK dan PL tampak hadir yaitu Wakil Sekretaris PK Serengan Maryasih, PK Jebres Yugo Agung Nugroho, serta sejumlah PL lainnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge