0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pengembangan TSTJ, Manajemen Jamin Fungsi Konservasi

Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo — Manajemen Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) menjamin fungsi kawasan TSTJ tetap sebagai kawasan konservasi flora dan fauna. Fungsi itu tidak akan bergeser meski nantinya ada kenaikan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) setelah aset TSTJ dilepas oleh Pemerintah Kota (Pemkot).

“Kami berpikirnya optimalisasi lahan dalam rangka mendukung sarana konservasi flora fauna. Tanah TSTJ akan dioptimalkan untuk konservasi flora fauna dulu. Untuk ruang terbuka hijau, fungsi kawasan lindung dan resapan air itu yang kita optimalkan. Yang untuk konservasi minimal 60 persen,” kata Direktur Utama TSTJ, Lilik Kristianto kepada Timlo.net, Rabu (11/9).

Sisa pemanfaatan lahan untuk konservasi itu, lanjutnya, baru akan dimanfaatkan untuk kegiatan komersil untuk menyumbang PAD. Pemanfaatan kegiatan komersil tersebut diantaranya berupa wahana wisata, waterpark atau wahana lain hasil kerjasama dengan pihak ketiga.

“Jadi pengembangan usaha di TSTJ setelah adanya pelepasan aset sama sekali tidak menjaminkan tanah TSTJ. Tidak ada rencana menjadikan tanah sebagai agunan pengembangan usaha. Peraturan tentang penggunaan barang dan tanah tanah pun juga sudah cukup rigit. Kalau tidak hati-hati direkturnya pasti kena masalah,” tegasnya.

Dijelaskannya, strategi pengembangan TSTJ dilakuakn dengan dua strategi yaitu kerjasama dengan investor atau dibangun sendiri oleh Pemkot. Dengan adanya kerjasama dengan investor diharapkan target pengunjung yang selama ini 350 ribu dapat naik menjadi 700 ribu sampai satu juta per tahun.

“Dengan jumlah pengunjung 350 ribu, PAD-nya Rp. 500 juta. Kalau sudah dibangun kami harapkan labanya bisa mencapai Rp 2 miliar plus pajak bisa sampai Rp 7 miliar per tahun,” bebernya.

Keputusan pengembangan TSTJ apakah dengan kerjasama investor ataukah dibangun sendiri menjadi kewenangan Pemkot nantinya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge