0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Buka 5.595 Lowongan Kerja

Catat! 17-18 September, Job Fair Gratis di Solo

Sejumlah pencari kerja memadati bursa kerja 'Job Market Fair' di Grha Wisata Niaga, Solo tahun silam (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo — Sebanyak 5.595 lowongan bakal dibuka dalam Job Fair Market yang diselenggarakan Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Solo, Selasa-Rabu (17-18/9) di Graha Wisata Niaga. Job fair yang terselenggara hasil kerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Solo tersebut diselenggarkan gratis bagi masyarakat untuk meningkatkan serapan tenaga kerja di Solo.

Kepala Bidang (Kabid) Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kerja Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Solo, Agus Alwanto menjelaskan job fair tersebut diikuti sedikitnya 40 perusahaan dengan beragam bidang usaha. “Sebenarnya jumlah perusahaan yang mengikuti job fair kali ini lebih dari 40 perusahaan. Tetapi setelah kami seleksi jumlahnya sekitar 40 perusahaan,” katanya saat jumpa pers, Kamis (12/9) di Balaikota

Pihaknya berharap, lowongan yang tersedia dapat terserap semuanya sesuai dengan pilihan pekerjaan yang diinginkan masyrakat. Namun, jika tidak terserap keseluruhan, diharapkan sedikitnya 3000 pencari kerja dapat terserap.

“Perusahaan yang membuka lowongan banyak. Hanya saja banyak lowongan yang tidak diminati oleh masyarakat pencari kerja seperti marketing, jasa keuangan, garmen dan lain-lainnya. Perusahaan garmen membuka ribuan lowongan kerja dan bahkan masyarakat sudah dilakukan pelatihan dan sosialisasi namun tetap saja masyarakat banyak yang tidak minat untuk masuk,” bebernya.

Sementara itu, Wakil Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan SDM Kadin Solo, Zamzami Ali, mengatakan keahlian yang dimiliki masyarakat selama ini masih kurang. Hal tersebut yang kemudian menyebabkan serapan masyarakat ke dunia kerja masih minim.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge