0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Solo Siap Kembangkan Kios Modern di Tiap Kelurahan

Solo —  Kota Solo dalam waktu dekat siap mengembangkan kios modern di tiap kelurahan. Kios yang konsepnya mirip toko serba ada (Toserba) ini nantinya akan dikembangkan dari koperasi serba usaha (KSU).

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Solo, Nur Haryani, saat ditemui wartawan, di sela-sela acara Sosialisasi Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Perkoperasian, di Novotel, Kamis (12/9).

Akhir 2013 ini, pemerintah kota (Pemkot) memang tengah berupaya keras memberdayakan KSU di tiap kelurahan. Dinas Koperasi dan UMKM sendiri sudah berkomitmen memberdayakan sumberdaya manusia dan menggaet sumber pendanaan dari program corporate social responsibility (CSR) perusahaan swasta maupun BUMN.

“Kami siapkan lembaga formalnya dalam bentuk koperasi serba usaha di masing-masing kelurahan. KSU ini dikembangkan untuk jadi koperasi konsumen,” kata Nur Haryani.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Aria Bima dalam kesempatan yang sama menyatakan, pihaknya siap memfasilitasi kerjasama CSR antara Dinas Koperasi dan UMKM Kota Solo dengan perusahaan-perusahaan.

“Saya dengan Pak Rudy (Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo –Red) sepakat segera dibikinkan desain. Retail-retail modern kita rem dulu, tapi kita akan membikin retail-retail kayak kios Toserba di public space area. Kami harapkan sampai akhir Desember nanti selesai konsepnya,” terang dia.

Aria Bima berharap, Dinas Koperasi dan UMKM secepatnya menyiapkan kelembagaan maupun SDM, mengingat kios modern itu nantinya akan dikelola secara profesional. Tak hanya itu, nantinya kios yang berbasis koperasi tersebut diharapkan bisa beroperasi 24 jam.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge