0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Hama Akar Busuk Ancam Tanaman Padi di Boyolali

Hama akar busuk menyerang tanaman padi (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Petani di wilayah Boyolali utara diresahkan dengan menganasnya hama akar busuk yang menyerang tanaman padi siap panen. Meski hama ini tidak terlalu berbahaya, namun bila dibiarkan akan menyerang seluruh tanaman dan mengakibatkan gagal panen.

Hama akar busuk atau kresek, menyerang bagian akar tanaman. Akar padi yang diserang akan membusuk dan terdapat cacing. Selain itu, tanaman padi yang diserang mengakibatkan bulir padi tidak berisi atau kopong. Ironisnya lagi, hama ini belum ada obatnya hingga saat ini.

“Belum ada obatnya, petani hanya bisa melakukan pencegahan dengan mengatur kelembagan air dan memilih kwalitas bibit yang bagus, kalau bibitnya dulu bekas terkena hama ini, maka hasilnya akan sama saja,” ungkap Parjo petani asal Klego, Kamis (12/9).

Ciri serangan hama ini, bulir padi tidak merunduk alias tetap tegak. Rumpun padinya tetap segar, hanya saja saat keluar buah padinya, tidak bisa merunduk. Kalau tanamannya dicabut, akarnya ada yang busuk. Bila akarnya yang diserang, sehingga hama ini sangat sulit dibasmi. Hama akar busuk mudah menyerang bila tanah terlalu basah.

”Pola tanamnya harus teratur. Jika sudah selesai ditanami padi, ya jangan ditanami padi lagi. Pasti kena hama ini. Setelah ditanami padi, harus diganti dengan palawija, seperti jagung, atau kacang tanah. Karena hama ini akan hilang dengan kondisi tanah yang minim air atau kering,” jelas warga Dusun Wates, Desa Bade ini.

Petani lainnya, Maryono (41), menambahkan, upaya pencegahan lainnya, adalah dengan pemberian serbuk kapur atau kalsit di lahan sawah.

”Sebelum tanah digarap, disebari dengan kalsit dulu. Setelah itu, tanah baru diolah, hanya saja upaya juga tidak dapat mencegah secara keseluruhan. Karena juga tergantung dari kwalitas benih juga,” jelasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge