0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hadapi Porprov, Atlet Sragen Dilatih Character Building

Para atlet yang akan berlaga di Porprov Jateng 2013 sedang mengikuti pelatihan motivasi dan character building yang dilakukan oeh NAC (Neuro Associative Conditioning) Indonesia, di Ruang Sukowati Setda Sragen, Rabu (11/9) malam. (dok.timlo.net/agung)

Sragen – Para atlet Sragen yang akan berlaga di Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah (Jateng) XIV diberikan motivasi dan character building selama sehari di Ruang Sukowati Setda Sragen.

Acara yang dimulai dari Rabu pagi hingga malam tersebut tidak hanya memberikan motivasi, tetapi lebih dari itu, untuk memberikan pembentukan character buliding (pembangunan karakter) para atlet sebelum mereka berlaga di Banyumas pada tanggal 8 hingga 12 Oktober mendatang.

“Ini lebih ke character building ketimbang motivasi. Kalau motivasi orang hanya omong. Tapi kalau character building kita memberikan bekal apa yang menjadi kebutuhan mereka. Ibarat motor yang akan dipakai balapan harus kita service, ganti oli dan turun mesin dulu,” terang Ronald Nurdanadarma, seorang spesialis NAC (Neuro Associative Conditioning) Indonesia, ketika ditemui wartawan, Rabu (11/9) malam.

Selama pagi hingga malam, sebanyak 82 atlet Kabupaten Sragen tersebut mengikuti langkah-langkah memotivasi diri sendiri dan mengembangkan potensi diri. Tahapan yang harus mereka ikuti di antaranya; diawali dengan pemanasan, pemecah ketegangan, refleksi anak negeri, pemantapan potensi dan kemampuan diri sendiri, tes kekuatan otot, pelepasan beban, beradaptasi dengan keluarga, membangun kekompakan dan pada akhirnya pencapaian untuk saling memberikan pujian sekaligus penghargaan dalam memancarkan ketulusan hati.

Salah satu Master Trainer NAC, Arief Adinoto, menambahkan, selama sehari itu mereka tidak hanya diberikan teori tetapi juga diberikan bagaimana cara mereka mengendalikan emosi dan menyalurkan energi positif yang ada dalam diri mereka.

“Tekniknya bagaimana kita memberikan gambaran-gambaran yang bisa menimbulkan emosi. Mereka emosi bukan karena omongan kita. Tetapi memori yang ada dalam ingatan mereka sehingga membuatnya emosi. Ini sangat berguna ketika nanti mereka bertanding,” terang Arief.

Sementara itu Ketua KONI kabupaten Sragen, Sri Busono, mengatakan, kegiatan tersebut sebenarnya diadakan atas inisiatif Bupati Sragen, Agus Fatchur Rahman bersama KONI. Sri Busono berharap, kegiatan semacam ini bisa menanamkan, mengembangkan dan meningkatkan semangat kinerja para atlet di kabupaten Sragen.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge