0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Guru Besar UNS: Tarik Segera Buku Paket yang Tak Layak

Buku ajar Kurikulum 2013 (dok.timlo.net/aris arianto)

Solo — Adanya temuan konten dalam buku paket Kurikulum 2013 yang tak layak mendapat sorotan tajam sejumlah akademisi. Sejumlah akademisi menghendaki agar buku paket Kurikulum 2013 yang tak layak hendaknya segera ditarik.

Guru besar Kurikulum Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof Dr Sunardi MSc menyatakan, seperti halnya konten pada buku paket Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMP, ada konten yang tidak layak.

“Kalau enggak layak ya harus langsung ditarik karena itu tuntunan anak-anak. Sehingga peserta didik tidak lagi mendapatkan materi yang salah,” jelas Sunardi kepada wartawan di Kampus UNS, Solo, Kamis (12/9).

Sunardi mengkawatirkan konten yang tidak layak itu akan dibaca oleh siapapun tidak sebatas peserta didik pemegang buku. Karena buku tersebut tentu dibawa peserta didik pulang ke rumah sehingga sangat dimungkinkan sekali dibaca orang lain, misalnya orang tua, adik atau kakaknya atau juga teman-temannya, dan sebagainya.

“Oleh karena itu agar buku paket seperti mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMP Kurikulum 2013 segera ditarik dan diperiksa. Untuk selanjutnya dilakukan revisi terhadap konten buku yang tidak layak tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, dosen pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Prof Dr Sutama MPd meminta kepada guru agar cepat tanggap apabila menemukan konten buku paket yang tidak layak dibaca oleh siswanya, dengan mengarahkan kepada sumber ajar lainnya yang tentu saja dapat dipertanggung jawabkan. Apalagi buku paket yang digunakan bermasalah.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge