0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tahun Ini Rekrut 6.000 PNS Baru, Kemenkeu Bilang Masih Kurang

Gedung Kementerian Perekonomian (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Kementerian Keuangan tahun ini akan merekrut sekitar 6.000 Pegawai Negeri Sipil (PNS) baru. Dari jumlah tersebut akan dibagi dari ikatan dinas dan untuk umum. Walaupun ikatan dinas, saat ini semua peserta menempuh jalur yang sama serta tes yang sama.

Sekretaris Jendral Kementerian Keuangan, Kiagus Ahmad Badaruddin, mengaku jumlah 6.000 PNS baru tersebut masih sangat kurang. Pasalnya, kebutuhan pegawai untuk bea cukai dan kantor pajak dinilai sangat besar.

“Kita mengajukan untuk tahun ini hampir 10.000. Tapi cuma sekitar 6.000-an itu. Untuk Dirjen Pajak dan bea cukai masih kurang untuk mengejar pendapatan negara kita,” katanya di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Kamis (12/9).

Untuk merekrut PNS, semua kementerian dan lembaga (K/L) harus memasukkan formasi dan jumlah yang dibutuhkan ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Dari jumlah yang diajukan tidak akan semua diterima.

“Dia (PAN-RB) punya roadmap untuk mencapai jumlah pegawai yang optimal. Menerapkan zero gross pegawai dia punya road map rencana penerimaan pegawai kita menghormati itu,” katanya.

Selain itu, KemenPAN-RB dalam menerima ajuan PNS juga akan menghitung anggaran yang dimiliki negara. Pemerintah tidak ingin PNS banyak direkrut tapi anggaran justru tidak cukup.

“Dia minta persetujuan Menkeu dengan anggaran. Dirjen anggaran sekian puluh ribu. Seiring jumlah ada alokasi anggaran,” tutupnya. [bmo]

Sumber: merdeka.com

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge