0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sebagian Besar SMP di Wonogiri Belum Siap Laksanakan Kurikulum 2013

Kabid SMP/SMA Disdik Wonogiri, Suwanto (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri¬† — Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jateng telah melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) atas pelaksanaan kurikulum 2013. Sementara itu, sebagian besar SMP di Wonogiri dikatakan belum siap untuk melaksanakan kurikulum 2013.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Wonogiri melalui Kabid SMP/SMA Suwanto mengatakan monev kurikulum oleh LPMP sudah berjalan Senin hingga Selasa (9 hingga 10 September). Namun hasilnya belum diketahui terlihat dari pihak Disdik belum mendapatkan pemberitahuan hasilnya.

“Nantinya hasil monitoring akan dijadikan bahan kajian jika ditemukan masalah dalam pelaksanaan kurikulum 2013. Kajiannya tersaji dalam workshop seluruh kabupaten/kota se-Jateng,” ujar Suwanto, di Wisma PGRI Brumbung, Kamis (12/9).

Kendati demikian, pihaknya telah mengetahui permasalahan yang sementara ini terjadi terkait pelaksanaan kurikulum 2013 di Wonogiri. Permasalahan itu bersifat mendasar, terutama soal perubahan pola pikir guru menuju pembelajaran lebih kreatif.

“Untuk tahun depan sudah dipersiapkan 16 SMP sebagai sekolah tambahan pilot project kurikulum 2013. Artinya mereka sudah siap benar. Dan SMP di luar itu, jujur saja memang belum siap untuk melaksanakan kurikulum 2013, ” tandas Suwanto.

Sesuai arahan Kemendikbud, pelaksanaan kurikulum 2013 tidak boleh dipaksakan. Lantaran itu, pihaknya akan melakukan sosialisasi kembali sekitar bulan Oktober dan Nopember mendatang. Pihaknya tetap akan mengupayakan seluruh sekolah bisa mengimplementasikan kurikulum tersebut.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge