0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Apple Resmi Rilis iPhone 5S dan iPhone 5C

iPhone 5C and 5S. (Dok: Timlo.net/ CBS News)

Timlo.net—Apple merilis seri ponsel terbaru mereka, Selasa (10/9) dalam sebuah konferensi pers di markas mereka di Cupertino, California, Amerika Serikat (AS). Raksasa teknologi itu mengumumkan ketersediaan iPhone 5S dan iPhone 5C.

CEO Apple Tim Cook memulai dengan berkata,” Di masa lalu, saat kami telah merilis sebuah iPhone baru, kami memotong harga iPhone lama, membuatnya lebih mudah diakses untuk orang-orang baru. Tapi tahun ini, kami tidak akan melakukan hal itu.”

Alih-alih, Apple memperkenalkan iPhone 5C yang dijual dengan harga yang “lebih murah” bersama dengan iPhone 5S.

Senior Vice President Apple Phil Schiller bertanggung jawab mengumumkan iPhone 5C. Ponsel ini memiliki casing plastik dan layar sebesar 4 inci. Tentunya plastik yang digunakan adalah polikarbonate dengan antena multi-band serta tersedia dalam berbagai warna: hijau, putih, biru, pink dan kuning.

iPhone 5C akan dijual seharga $99 (Rp1 juta) untuk model 16GB atau $199 (Rp2 juta) untuk model 32GB, tentunya dengan sistem kontrak. Casing dengan warna berbeda akan dikenai biaya tambahan sebesar $29 (Rp290 ribu). iPhone 5C akan dijual mulai 20 September mendatang, dengan pre-order mulai dibuka 13 September.

iPhone 5S memiliki layar 4 inci dan tersedia dalam warna perak, emas dan space gray. Hardware-nya telah diupdate sehingga ditenagai oleh prosesor A7, dan merupakan ponsel pertama dengan 64-bits.

“Dunia komputer mengalami transisi dari 32 bit ke 64 bit dan transisi ini memerlukan waktu bertahun-tahun. Hari ini Anda akan melihat bahwa Apple melakukan hal ini hanya dalam waktu satu hari,” kata Schiller dilansir dari CBS News.

Schiller berkata bahwa performa CPU pada iPhone 5S 40 kali lebih cepat dibanding dengan iPhone asli. iPhone baru ini juga akan memiliki sebuah chip baru yang disebut M7,yang dikatakan akan terus mengukur pergerakan data. Chip ini mendukung accelerometer, gyroscope dan kompas.

Schiller juga berkata bahwa daya tahan baterai iPhone 5S telah berkembang dan akan memiliki daya tahan selama 10 jam untuk jaringan LTE dan Wi-Fi, 40 jam untuk bermain musik dan 250 jam waktu standby.

Kamera iPhone juga mendapatkan upgrade besar-besaran. Apple meningkatkan pikselnya sebesar 1,5u untuk menangkap lebih banyak cahaya. Kamera juga bisa melakukan autodetect white balance segera setelah aplikasi kamera dirilis. Dan juga termasuk mode burst dan true tune flash. Selain itu tersedia juga fitur new image stabilizer dan video slow-motion.

Sama seperti yang dirumorkan, iPhone baru akan termasuk TouchID-sebuah sensor sidik jari yang ditempatkan di tombol home. Sensor tersebut menscan lapisan di bawah kulit dan akan memiliki kemampuan membaca 360 derajat, dengan ketipisan 170 micron dan resolusi 500 ppi. Sensor sidik jari bisa digunakan untuk membuka kunci iPhone atau membeli barang.

“Sidik jari Anda adalah password terbaik di dunia. Sidik jari tersebut selalu bersama Anda dan tidak ada sidik jari yang sama,” kata Senior Vice President Apple Jony Ive dalam sebuah video promosi.

iPhone 5S akan tersedia dalam tiga model: 16GB untuk harga $199 (Rp1,9 juta), 32GB seharga $299 (Rp2,9 juta) dan 64GB seharga $399 (Rp3,9 juta) dengan sistem kontrak. Ponsel ini akan dijual pada 20 September.

Apple juga mengumumkan secara detail mengenai sistem operasi seluler barunya, iOS 7, yang akan tersedia untuk didownload pada 18 September mendatang.

 

 
Handphone Android Murah Garansi, Klik ini



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge