0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Janji Tiga Mentri Jika Eksportir Tingkatkan Ekspor

Timlo.net — Menteri Perindustrian M.S Hidayat mengajak Menteri Keuangan Chatib Basri dan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menemui eksportir. Ratusan eksportir yang berniat meningkatkan ekspor hingga akhir tahun dijanjikan berbagai insentif, terutama soal peraturan menteri.

Hidayat mengatakan, 140 eksportir menghadiri pertemuan ini. Termasuk pengurus pusat Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin). Dia mengatakan, permintaan para pengusaha agar ekspor mereka dimudahkan sudah didata pemerintah.

“Kami berniat secara ad hoc ingin menyelesaikan dalam 3 bulan, setiap sektor diinventarisasi di kemenkeu dan perdagangan,” ujarnya selepas pertemuan di kantornya, Jakarta, Rabu (11/9).

Menteri Keuangan Chatib Basri menambahkan, beberapa eksportir meminta relaksasi bea ekspor yang didasarkan pada undang-undang. Untuk permintaan seperti itu, dia tidak mau berjanji. Beda halnya jika peraturan yang diharapkan lebih longgar berasal dari peraturan menteri atau Peraturan Pemerintah (PP).

“Kami minta (eksportir) realistis, sebaiknya kita fokus pada peraturan menteri karena itu diselesaikan dalam waktu singkat. Tentu ada hal-hal besar tapi itu membutuhkan UU, dan itu makan waktu,” kata Chatib.

Salah satu contoh relaksasi yang bisa dilakukan, kata Chatib, adalah mengubah struktur Pajak Pertambahan Nilai (PPn) saat ini membuat impor lebih menguntungkan dari ekspor.

“Misalnya treatment kecenderungan impor lebih mudah karena struktur PPn, saya akan lihat produk hukumnya,” tandasnya.

Menperin mengatakan, eksportir dibantu jika memenuhi kriteria utama yakni bersedia membantu pemerintah menggenjot ekspor.

“Saya minta teman-teman ada sedikit rasa patriot. Saya minta mereka untuk meningkatkan ekspor, untuk menambah devisa. Tapi untuk itu kalau Anda merasa untuk peningkatan ekspor membutuhkan back-up dari pemerintah, dalam bentuk regulasi, tolong sampaikan kepada kami,” tutur Hidayat.

sumber : merdeka.com



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge