0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Harga Jual Susu KUD Jatinom Naik Rp 500 per Liter

Susu di KUD Jatinom, Klaten (dok.timlo.net/rori)

Klaten — Sejak tanggal 10 September 2013 kemarin Koperasi Unit Desa (KUD) Jatinom mulai menaikkan harga jual susu produksinya, yang semula harganya Rp 3.500,- kini menjadi Rp 4.000 atau mengalami kenaikan sebesar Rp 500 per liternya. Kenaikan harga jual susu itu terjadi menyusul pabrik susu yang menaikkan harga belum lama ini.

Menurut Sekretaris Koperasi Unit Desa (KUD) Jatinom, Sutomo, kenaikan harga jual susu sapi di tingkat pengecer disebabkan tambahan beban harga dari pabrik setelah adanya kenaikan harga BBM beberapa waktu lalu. “Meski harga jual susu naik, namun KUD juga menaikkan harga beli susu sapi dari kelompok ternak senilai Rp 150 per liternya,” ungkap Sutomo kepada Timlo.net, Rabu (11/9).

Sutomo menambahkan meski harga susu naik namun tetap tidak berpengaruh terhadap minat konsumen untuk membeli susu. Terbukti. setiap hari, KUD Jatinom masih bisa menerima stok susu dari 15 kelompok ternak sapi perah di Jatinom dan sekitarnya, yang rata-rata bisa menyetorkan susu sapi murni hingga 8.000 liter.

Dan dari susu sebanyak 8.000 liter itu sekitar 7.000 liter atau 90% bisa dijual ke Jakarta disalah satu pabrik susu terkenal, sedangkan 1.000 liter sisanya atau 10% nya biasanya dijual untuk masyarakat sekitar dan industri roti rumahan yang ada di sekitar Klaten.

“Untuk pengiriman ke Jakarta biasanya 1 hari sekali aatau 3 hari 2 kali, tergantung permintaan dari pabriknya,” tambah Sutomo.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge