0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Satpol PP Dijadikan Satpam SKPD, Mendagri Surati Gubernur

Mendagri Gamawan Fauzi di tengah-tengah para Satpol PP yang sedang mengikuti Jambore Nasional di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri —  Mendteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi menyatakan bakal segera menyurati seluruh gubernur dan kepala daerah terkait keberadaan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Gubernur dan bupati/walikota diminta untuk lebih memahami dan mau mengerti arti penting dari instansi penegak perda tersebut.

“Masih ada beberapa kepala daerah yang belum memahami keberadaan penting Satpol PP. Bahkan di beberapa tempat personel Satpol PP kadang malah dijadikan Satpam di SKPD,” ujar Mendagri di hadapan ribuan personel Satpol PP se-Indonesia yang hadir dalam pembukaan Jambore Nasional Satpol PP di Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri, Rabu (11/9).

Mendagri menambahkan, Satpol PP bukan pemadam kebakaran yang tugasnya mengamankan situasi setelah kejadian berlangsung. Satpol PP harus mengutamakan langkah-langkah sebelumnya. Misal tentang tata ruang wilayah dimana PKL tidak boleh berdagang di jalan. Tugas Satpol PP bukan setelah ada demo PKL baru bertindak, melainkan melakukan sosialisasi sebelumnya tentang aturan yang berlaku ke para PKL.

“Saya akan menyurati seluruh gubernur dan kepala daerah. Intinya untuk menyikapi keberadaan Satpol PP, mau menempatkan sesuai regulasi yang ada (Permendagri Nomor 40 Tahun 2011 tentang Satpol PP), ” tandas Mendagri yang langsung disambut tepukan meriah para personel Satpol PP.

Di sisi lain, dirinya juga menyadari kelemahan di intern Satpol PP. Dalam catatan dia, baru 27 % dari 32.188 anggota Satpol PP berstatus PNS yang ikut diklat dasar. Sedangkan jumlah Satpol PP yang non PNS ada 35.987 personel.

Kelemahan lain, lanjut Mendagri, alokasi anggaran Satpol PP masih sangat minim. Juga sarana prasarana yang tersedia masih jauh dari memadai jika dibandingkan dengan beban tugas yang harus diemban.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge