0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

DTRK Nunggu Terbitnya Perwali

Makin Banyak Tower di Solo yang Diprotes Warga

Inilah salah satu tower yang diprotes warga di Solo (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Banyaknya protes warga akan keberadaan tower telekomunikasi di Solo membuat Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) berencana melakukan penataan tower. Hanya saja, langkah penataan tersebut masih menunggu terbitnya Peraturan Walikota (Perwali) Bangunan tahun ini. Perwali Bangunan itu nanti, salah satunya akan mengatur bangunan tower.

“Kami belum punya aturan detail soal tower. Kalau mau melakukan pelarangan kan ya harus ada solusi. Nantinya semua akan diakomodasi lewat pembuatan Perwali Bangunan. Mudah-mudahan selesai tahun ini,” kata Kepala Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) Solo, Endang Sitoresmi saat ditemui wartawan, Rabu (11/9) di Balaikota

Diakuinya, pengajuan izin pendirian tower di Kota Bengawan semakin banyak. Dengan banyaknya izin pendirian tersebut diperlukan adanya penataan bangunan tower. Penataan tersebut dapat dilakukan dengan adanya aturan yang jelas.

Selain penataan bangunan tower, tambah Endang, diperlukan pula pengendalian jumlah provider. Hal ini karena banyaknya provider membuat sinyal yang ada juga semakin banyak. Kondisi ini yang kemudian menimbulkan gangguan kesehatan warga sekitar tower.

“DTRK hanya mengatur soal bangunan tower. Kalau pengendalian sinyal itu ranahnya Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo),” ujarnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge