0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

AKBP Martirenni Narmadiana

Kapolres Karanganyar Ini Tak Pernah Bercita-cita Jadi Polwan

AKBP Martirenni Narmadiana, Kapolres Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Tak pernah bercita-cita menjadi polisi wanita (Polwan). Itulah yang sebetulnya dirasakan AKBP Martirenni Narmadiana, Kapolres baru Karanganyar yang dilantik pada Selasa (10/9) di Mapolda Jateng.

Dia menggantikan AKBP Nazirwan Adji Wibowo yang mendapatkan tugas baru sebagai Kapolres Klaten, setelah memimpin jajaran kepolisian Lereng Lawu sekitar satu tahun 10 bulan.

“Keinginan menjadi polisi itu muncul saat saya sudah lulus SMA. Saat itu saya sudah diterima menjadi mahasiswa APDN. Karena bapak saya seorang Camat, maka wajar jika anaknya didorong masuk ke APDN,” kata dia kepada wartawan di sela-sela silaturahim dengan Dai Kamtibmas Karanganyar dengan jajaran Polres Karanganyar, baru-baru ini.

Penghobi olah raga diving, terjun payung dan berkuda itu menceritakan, saat itu sepulang dari bermain, dia melihat seorang polwan bertugas menangkap penjahat. Ternyata keberanian polwan itu menarik hatinya.

Karena itulah kemudian Renni, panggilan akrabnya, membatalkan kuliah di APDN dan malah masuk mendaftarkan diri sebagai polwan. Perempuan kelahiran 29 Maret 1964 itu memang lebih banyak menjalani tugasnya di Polda Metro dan juga Mabes Polri. Terakhir dia menjabat sebagai Kanit di Bareskrim Mabes Polri, sebelum kemudian ditugaskan ke Karanganyar.

“Ini tugas pertama kali ke daerah, memimpin wilayah kepolisian. Meski sering ke daerah namun sebelumnya hanya menjalankan tugas supervisi saja ketika ada kasus-kasus tertentu. Nah, tiga tahun terakhir ini, saya banyak tugas ke Jateng. Mungkin karena itu, sekarang dipindah ke Karanganyar,” katanya.

Yang pasti, dia sudah banyak meminta informasi dari para pendahulunya, seperti Kombes Pol Rikwanto yang juga pernah menjadi Kapolres Karanganyar sebelum menjadi Kadivhumas Polda Metro Jaya. Juga Kombes Pol Sri Handayani, serta  AKBP Nazirwan Adji Wibowo.

“Pokoknya kesannya Karanganyar top markotop. Selama Polresnya Pak Adji, hubungan dengan seluruh elemen masyarakat, jajaran Muspida, sangat bagus. Jadi saya tinggal meneruskan saja. Karena itu saya menjadwalkan sowan ke para tokoh di sini, untuk menjalin silaturahim,” kata ibu satu putra yang asli Palembang ini.

Dia juga siap bergabung melakukan silaturahim dengan berbagai elemen masyarakat, termasuk para ulama, ormas dan juga tentu insan media, yang selama ini sudah sangat akrab dengan Nazirwan, dan bersama-sama membangun Karanganyar menjadi kondusif dan tertib.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge