0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UNIBA Surakarta bakal Buka Diploma Batik

BELANJA BATIK-Wisatawan berbelanja batik di salah satu gerai di Kampung Batik Laweyan (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo — Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta bakal membuka program studi baru yakni Diploma Satu dan Diploma Dadua batik pada bulan Oktober 2013 mendatang, berbarengan dengan momentum Hari Batik.

Rektor UNIBA Surakarta, Endang Siti Rahayu mengatakan, untuk mengawali,  akan dibuka terlebih dahulu satu kelas yang diperuntukkan bagi 30 – 40 mahasiswa. Launching akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2013, dengan perkuliahan di kawasan sentra perajin batik di Kampung Batik Laweyan.

“Pendaftaran dibuka setelah tanggal 2 Oktober 2013 mendatang,” ungkap Endang kepada wartawan di Kampus UNIBA, Solo, Rabu (11/9).

Endang mengatakan, Prodi Batik akan membantu mengembangkan dunia batik dengan tenaga ahli yang dihasilkan. Untuk itu lokasi perkuliahan sengaja dipilih di Kampung Batik Laweyan, tepatnya di Ndalem Djimatan, salah satunya ingin menghadirkan suasana asli kampung asal mula berdirinya usaha batik di kota Solo. Apalagi Ndalem Djimatan merupakan kediaman keluarga pengusaha batik.

Pada kesempatan yang sama, Tim Prodi Batik UNIBA, M Tunahar mengatakan, pembukaan Prodi tersebut tak lepas dari upaya UNIBA untuk nguri-uri batik tulis sebagai warisan budaya yang telah diakui UNESCO.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge