0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Solo Keroncong Festival 2013 Didominasi Musisi Muda

Solo Keroncong Festival (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo — Even Solo Keroncong Festival (SKF) 2013 siap digelar 13-14 September mendatang. Berbeda dengan gelaran SKF tahun sebelumnya, SKF yang telah menginjak kali kelima ini akan lebih banyak menampilkan musisi-musisi muda yang memiliki talenta di dalam genre musik keroncong.

“Untuk tahun ini kita banyak melibatkan seniman muda musik keroncong. Sementara untuk yang sudah lanjut usia, kita sediakan tempat khusus untuk menikmati penerus generasi musik keroncong ini,” papar Ketua Panitia SKF 2013, Willy Tandio Wibowo kepada Timlo.net, Selasa (10/9) malam.

Dikatakan, hal itu dilakukan sebagai regenerasi musik keroncong. Jika tidak ada pergantian dari generasi tua ke generasi muda maka keroncong akan tersisih dan digilas jaman.

“Kalau kita menampilkan musisi-musisi muda sebagai pengiring dalam even SKF 2013, maka pasti ada eksplorasi kreasi dan kreativitas untuk sebuah pertunjukan. Dimana, hal itu akan menjadi suatu keindahan yang mewarnai musik keroncong itu sendiri,” terang Willy.

Terkait musisi yang akan tampil dalam even tersebut, dijelaskan Willy, tak kurang dari 15 grup musik kerooncong dari berbagai kota besar di Indonesia telah menyatakan kesediaannya mengikuti SKF 2013. Bahkan, pihaknya juga mengundang kelompok musik keroncong dari Negeri Jiran, Malaysia.

“Kami sudah mengirimkan undangan ke sejumlah grup keroncong di berbagai kota besar di Indonesia. Selain itu, kita juga mengundang grup keroncong dari Malaysia. Tercatat, sampai saat ini sebanyak 15 grup musik keroncong telah bersedia tampil mengisi SKF 2013 besok,” ungkap Willy.

Dirinya berharap, dengan SKF yang telah memasuki usia ke lima tahun tersebut dapat mendongkrak apresiasi terhadap musik warisan budaya dan leluhur dari bangsa Indonesia.

“Musik keroncong selalu mengingatkan akan perjuangan dan masa kemerdekaan Bangsa Indonesia. Namun, kebanyakan orang telah melupakannya. Melalui even ini, kami ingin mengapresiasi dan membangkitkan jiwa nasionalisme serta kebangsaan dalam diri anak muda,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge