0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Merusak Lingkungan, Pemkab Bakal Tindak Tegas Penambang Galian C

Penambangan pasir. (Dok.Timlo.net/ Rori)

Klaten — Para pelaku penambangan galian C tanpa izin yang nekat beroperasi di wilayah lereng Gunung Merapi akan ditindak Pemkab Klaten  Hal itu dilakukan karena penambangan galian C tanpa izin dikhawatirkan bisa merusak kondisi lingkungan dan menyalahi aturan yang ada.

Sekteraris Tim Pengendalian dan Penertiban Penambang Galian Golongan C Pemkab Klaten, Ir Pri Harsanto, usai rapat penambangan galian C di Gedung B2 Pemkab Klaten, mengungkapkan sebelum penindakan semua pelaku galian C akan dipanggil dan diberi sosialisasi.

“Apabila setelah disosialisasi para penambang masih nekat tidak memenuhi aturan maka akan dilayangkan peringatan satu sampai tiga kali. Jika peringatan tak dipedulikan, langkah tegas akan diambil,” ungkap Pri Harsanto kepada Timlo.net, Selasa (10/9).

Pri Harsanto menambahkan tindakan yang diberikan bisa ditangkap atau proses hukum pidana sesuai UU pertambangan atau UU Lingkungan Hidup. Saat ini penambang galian C yang beroperasi sekitar 16 titik penambangan. Dari jumlah itu, ada tiga perusahaan yang sebenarnya berizin tetapi karena berada di daerah rawan bencana dinilai tidak sesuai lagi dengan Perda 11/ 2011.

Dalam Perda itu wilayah legal penambangan luasnya 69 hektar yang tersebar di tujuh desa. Namun, ketiga perusahaan itu menambang di desa yang dilarang. Selain karena tidak sesuai Perda, penambang lain yang bermasalah disebabkan sedang mengurus izin, ada yang berkas izinnya masih ada di Pemprov, izinnya tidak terpakai karena sudah kadaluwarsa, dan ada yang benar-benar tidak ada izin.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge