0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dana Relokasi Pengungsi dan Sisa Dana Siap Pakai Dikembalikan, Tim Inspektorat BNPB Turun Ke Klaten

Klaten — Tim Inspektorat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Selasa (10/9) turun tangan ke Kabupaten Klaten. Kedatangan Tim dari pusat itu untuk mencari tahu penyebab Pemkab Klaten mengembalikan dana relokasi pengungsi sebesar Rp 4 miliar dan dana siap pakai sebesar Rp 109 juta.

Menurut Bupati Klaten, Sunarna, kedatangan Tim Inspektorat BNPB adalah dalam rangka pembinaan administrasi, karena ada dana siap pakai untuk bencana angin puting beliung Rp 109 juta yang dikembalikan ke kas negara.

“Dana itu sebenarnya bisa digunakan untuk uang lelah relawan dan petugas penanggulangan bencana. Total dana siap pakai dari BNPB sebesar Rp. 525 juta dan masih sisa Rp 109 juta,” ungkap Sunarna kepada Timlo.net, Selasa (10/9).

Bupati menambahkan pengembalian sisa dana lebih disebabkan karena belum jelasnya aturan sehingga untuk meminimalisasi pelanggaran aturan akhirnya sisa dana dikembalikan ke kas negara. Selain itu, tim juga melakukan pembinaan administrasi terhadap bantuan kebencanaan. Termasuk membicarakan masalah gagalnya relokasi pengungsi Merapi dari Desa Balerante, Kecamatan Kemalang.

Selain sisa dana siap pakai, Pemkab Klaten juga mengembalikan dana relokasi sekitar Rp 4 miliar dari BNPB ke pusat sebab warga Baleranta yeng terdampak erupsi merapi secara resmi menolak relokasi ke lokasi aman.

Sementara itu, menurut Inspektorat BNPB, Bintang Susmanto N, dalam kunjungan ke Klaten hanya ditemukan persoalan-persoalan yang sifatnya administrasi. Seperti buku bank yang belum lengkap dan kurang mumpuninya petugas dalam bidang administrasi.

“Tidak ada penggunaan yang menyimpang. Setelah kami mengecek ke korban yang menerima,” ungkap Bintang Susmanto.

Bintang Susmanto menambahkan masalah kekurangsempurnaan administrasi diharapkan segara diperbaiki sebab masih ada cukup waktu untuk perbaikan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge