0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Retribusi Pasar Klaten Kota Tanpa Karcis, Rawan Pungutan Liar

Klaten — Sistem penarikan retribusi di Pasar Klaten Kota yang tidak disertai dengan karcis dikhawatirkan berpotensi menjadi aksi pungutan liar (pungli).

Beberapa petugas dari Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pasar Klaten Kota setiap melakukan penarikan retribusi ke pedagang yang berjualan di area pasar selalu tidak memberikan karcis kepada pedagang. Karcis biasanya baru diberikan setelah pihak pedagang memintanya.

Sejumlah pedagang mengaku sistem pemungutan retribusi tanpa karcis sudah berlangsung sejak setahun terakhir. Namun, pedagang tidak mengetahui alasan petugas tidak memberikan karcis. “Setiap hari retribusi ditarik, tetap petugas tidak memberikan karcis,” ungkap salah satu pedagang yang tidak mau disebut namanya.

Salah satu pedagang asal Buntalan, Klaten Tengah itu mengaku tidak pernah diberitahu alasan petugas tidak memberikan karcis retribusi kepada pedagang. “Sebenarnya kami juga takut, kalau nanti ditarik retribusi agi karena tidak ada bukti berupa karcis retribusi,” tambahnya.

Lain halnya dengan Suyatmi, pedagang sembako itu selalu meminta diberikan karcis setiap ditarik retribusi. “Setiap kali saya ditarik retribusi saya selalu minta karcis kepada petugas sebagai bukti pembayaran, kalau tidak diberi karcis saya tidak mau bayar,” ungkap Suyatmi kepada Timlo.net, Selasa (10/9).

Sementara itu, Kepala UPTD Pasar Klaten Kota, Badarudin, menampik adanya petugas yang menarik retribusi tanpa karcis. Menurutnya, setiap petugas retribusi diwajibkan memberikan karcis setelah menerima uang pembayaran retribusi.

“Petugas harus memberikan karcis kepada pedagang yang ditarik retribusi. Itu sudah menjadi aturan,” ungkap Badarudin.

Badarudin menambahkan, terkadang dari pihak pedagang ada yang tidak mau diberi retribusi. Meskidemikian Badarudin akan memberikan sanksi kepada petugasnya yang kepergok tidak mau memberikan karcis retribusi saat menarik kepada pedagang.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge