0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bank di Soloraya Dukung Geliat Ekonomi Daerah

LAYANAN NASABAH-Suasana pelayanan nasabah di kantor Bank Mandiri Solo (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo – Perkembangan penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) dan kredit yang cukup baik, menunjukkan bahwa perbankan di kawasan Soloraya sudah menjalankan fungsi intermediasi dalam menarik dana dan menyalurkan kembali ke masyarakat dengan baik. Dengan demikian praktis mendukung geliat aktivitas perekonomian daerah.

Sebagai indikasi telah berjalannya fungsi intermediasi ini, dikatakan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Ismet Inono, terlihat dari loan to deposit ratio (LDR) bank umum pada Juli 2013 sebesar 113,26 persen. Sementara untuk bank perkreditan rakyat (BPR) sebesar 122,42 persen.

“Ini artinya seluruh simpanan masyarakat di bank telah disalurkan secara optimal dalam bentuk kredit kepada debitur yang membutuhkan. Selain itu, bank juga menggunakan modal sendiri dan dana antarkantornya untuk mendukung penyaluran kredit,” terangnya, baru-baru ini.

Outstanding  kredit perbankan pada Juli 2013 mencapai Rp 43,23 triliun atau tumbuh 27,06 persen jika dibanding periode yang sama tahun sebelumnya (year on year). Adapun dari jumlah kredit perbankan itu, sebesar 41,68 persen atau mencapai Rp 18,02 triliun disalurkan untuk pembiayaan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge