0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Honor Abdi Dalem Keration Solo akan Ditransfer Lewat Rekening

Abdi dalem Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Dok.Timlo.net/ Daryono)

Solo —  Wacana pemberian honor kepada abdi dalem Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dengan sistem transfer by rekening telah mengerucut. Pemkot Solo akan mengupayakan anggaran untuk memberikan gaji kepada abdi dalem keraton.

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo mengungkapkan, dalam waktu dekat pihaknya akan mengkomunikasikan rencana pemberian gaji abdi dalem dengan sistem transfer kepada Pakubuwono (PB) XIII. Pemkot meminta pihak keraton untuk menyusun daftar nama abdi dalem untuk diserahkan pada Walikota.

“Kami minta catatan daftar nama abdi dalem keraton. Kalau soal dana, nanti bisa diupayakan dari APBD Kota Solo ataupun dari APBD Provinsi Jateng,” katanya kepada wartawan, Selasa (10/9).

Dengan sistem transfer, dana yang digulirkan bisa langsung diterima pada yang bersangkutan, tanpa harus melalui perantara. Hal itu dimaksudkan agar penyaluran gaji bisa lebih transparan.

Wacana tersebut menguat setelah Rudy, sapaan Walikota berkonsultasi pada pejabat Ditjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sesuai dengan UU no. 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya dan Keppres no. 23 tahun 1988 tentang Status dan Pengelolaan Keraton Surakarta, menyatakan bahwa pemerintah daerah ikut bertanggung jawab atas pelestarian Cagar Budaya yang ada.

Selama ini, Pemkot baru bisa menanggung biaya operasional keraton yang terdiri atas biaya listrik, PDAM dan biaya telepon dengan alokasi anggaran sebesar Rp 300 juta. Sedangkan untuk gaji abdi dalem, dalam ADBD Provinsi Jateng dipasang anggaran Rp 900 juta dari total Rp 1,2 miliar untuk pemeliharaan lainnya.

Dengan mengkaver penggajian abdi dalem, diklaim sebagai wujud perhatian pemerintah atas eksistensi cagar budaya yang ada. “Menelantarkan, merusak cagar budaya ada tindak pidananya. Kami tidak ingin kena pasal itu,” terangnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge