0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bimo Kokor, Si Pemburu Buku Bung Karno dan Pak Harto

Mas Kokor menunjukkan koleksi perjalanan Soekarno (dok.timlo.net/sahid b sutanto)

Sukoharjo — Karena kecintaan dan kekagumannya yang mendalam dengan sosok pemimpin seperti Presiden RI pertama Ir Soekarno, seorang warga Sukoharjo mengoleksi benda dan berbagai buku tentang sang Proklamator.

Sebut saja Bimo Kokor Widjanarko yang biasanya di panggil Mas Kokor, warga Perum Joho Baru, Kecamatan Sukoharjo Kota. Ia rela berburu buku-buku biografi Soekarno tersebut hingga ke berbagai daerah di Indonesia.

Ia mengaku melakukan perburuan itu sejak tahun 1987 silam. Kota-kota besar yang berpotensi menyimpan buku-buku kuno (sejarah) tentang Soekarno disambanginya seperti Salatiga, Jakarta dan Solo.

“Sejak tahun 87 an saya sudah berburu buku-buku tentang Soekarno. Setiap singgah di Salatiga, Jakarta dan kota lain yang berpotensi menyimpan sejarah Soekarno pasti saya sempatkan untuk mencari,” ujar Kokor yang juga Ketua Museum Rekor Sukoharjo (Muresko), Selasa (10/9).

Selain buku biografi tentang perjalanan Soekarno, Ia juga mengoleksi sejumlah media massa kuno yang juga memuat berita tentang Soekarno. Kertas koran lusuh berwarna kecoklatan dengan cetakan mesin ketik manual yang terkesan kuno, masih tersimpan di koper istimewanya yang disimpan di rak perpustakaan mini di Sekretariat Muresko yang tidak lain adalah tempat tinggalnya.

Ia menilai sosok pemimpin seperti Soekarno mempunyai kelebihan yang luar biasa. Selain menjadi pemimpin yang tegas, Soekarno juga sangat inspiratif. Baginya Soekarno merupakan putra bangsa yang telah ditakdirkan untuk memimpin bangsa Indonesia bukan karena keinginanya semata-mata untuk berkuasa.

“Tidak dipungkiri kepemimpinan Soekarno bukan karena keinginan berkuasa, tapi sudah ditentukan oleh takdir, dan memang diharapkan di dambakan oleh rakyat. Buktinya, Ia memimpin sampai lama. Selain Presiden Soekarno, saya juga berburu buku tentang Soeharto juga,” tutur ayah dua anak yang sehari-hari bekerja di lingkungan Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata Dan Kebudayaan Pemkab Sukoharjo itu.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge