0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hebat! 4 Mahasiswa UGM Ciptakan Robot Pramusaji

Robot pramusaji karya mahasiswa UGM (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Selain kaya akan sumber daya alam (SDA), Indonesia juga banyak memiliki sumber daya manusia (SDM) handal. Tak jarang banyak pelajar dan mahasiswa Indonesia yang berhasil menorehkan prestasi di berbagai kejuaraan keilmuan.

Baru-baru ini, prestasi membanggakan kembali ditorehkan. Empat mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) yakni; Ardiyan Rofiq, Lutfi Yahya, Rilla Khoirunisa, dan Claricha Audi, berhasil menciptakan Robot Pramusaji Cerdas atau disingkat Ropadas.

Rofiq menuturkan, salah satu alasan diciptakannya robot tersebut karena selama ini belum ada yang mengembangkan robot untuk melayani pengunjung restoran. Dia juga menyatakan, robot pramusaji yang dibuatnya pertama di Indonesia.

“Selama ini di luar negeri penemuan teknologi banyak dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari, tapi di Indonesia masih jarang,” kata Rofiq kepada merdeka.com, Selasa (10/9).

Pihaknya mengaku membutuhkan waktu lima bulan untuk melakukan riset sekaligus membuat satu unit robot. Pengoperasiannya pun tak sulit. Langkah pertama yang harus dilakukan restoran jika ingin menggunakan jasa Ropadas adalah membuat jalur berupa garis hitam pada lantai sebagai jalan robot dari dapur ke meja makan.

“Jadi bentuknya itu kotak seperti meja dan nanti pihak restoran tinggal menyajikan pesanan pengunjung pada nampan robot lalu dioperasikan dengan cara menekan tombol nomor meja pengunjung. Setelah pengunjung mengambil makanannya lantas menekan tombol sesuai instruksi agar Ropadas kembali ke dapur,” katanya.

Ropadas memiliki beberapa fitu-fitur pendukung antara lain; modul suara, sensor RTF dan nampan yang dilengkapi bearing. Modul suara dibuat agar robot dapat berinteraksi dengan pelanggan, misalnya mempersilakan mengambil makanan. Selain itu, robot ini dapat berhenti dengan sendirinya apabila ada benda maupun manusia yang ada di depannya, hal ini untuk menghindari tabrakan antara robot dengan manusia. [dan]

Sumber: merdeka.com

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge