0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Apple Gagal Tuntut Nama DOPI

Tampilan situs resmi Apple. (Dok:Timlo.net/ apple.com)

Timlo.net — Sama seperti perusahaan lain dengan branding yang kuat, Apple juga berusaha nama brand yang mereka miliki sekuat tenaga. Hal ini termasuk melindungi penggunaan huruf “i”. Tapi perusahaan ini ternyata gagal dalam upayanya menggugat sebuah perusahaan yang ingin menggunakan nama DOPi. Dilansir Geek.com, dari Sidney Morning Herald, perusahaan itu bergerak dalam penjualan aksesoris Apple dan tas laptop.

Apple berpendapat bahwa namanya ini terlalu mirip dengan nama iPod dan akan membingungkan para pengguna. Yang cukup mengejutkan, hakim dalam kasus ini memutuskan untuk menolak tuntutan Apple karena nama keduanya dianggap sangat berbeda. Hakim tersebut juga menyatakan bahwa faktanya ada nama-nama lain yang sudah terlebih dulu ada dan beroperasi di bidang yang sama dengan Apple, contohnya adalah iSkin dan iSoft.

Geek.com berpendapat sekalipun kasus ini tidak begitu penting, tapi keputusan untuk mengijinkan perusahaan itu memakai nama DOPi memungkinkan nama-nama lain yang menggunakan huruf i seperti Apple bisa dengan cukup mudah menghadapi para pengacara Apple. Apple beranggapan bahwa DOPi adalah penulisan terbalik dari iPod. Tapi anggapan bahwa nama itu bisa membingungkan para pelanggan sepertinya tidak berdasar karena keduanya tidak sama.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge