0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wonogiri Berangkatkan Barecore ke Taiwan

Aktifitas pekerja di PT. Nagabhuana (Dok.Timlo.net/ Aris Arianto.)

Wonogiri — Satu kontainer Barecore atau bahan setengah jadi dari kayu diekspor PT. Nagabhuana Aneka Piranti dari pabrik unit 3 Sidoharjo Wonogiri ke Yuan Huoi Enterprises Co.LTD Taiwan, Senin (9/9). Pemberangkatan kontainer perdana ini sekaligus meresmikan Bangunan Pabrik PT. Nagabhuana Aneka Piranti Unit 3 di Kedunggupit Sidoharjo Wonogiri.

Barecore merupakan potongan kayu yang telah disusun ke bentuk papan berupa bahan setengah jadi untuk produk seperti meja, lantai ataupun dinding. Barecore PT. Nagabhuana berasal dari kayu sengon yang oleh publik Taiwan dianggap lebih ramah lingkungan ketimbang kayu lainnya.

“Publik Taiwan kini tidak mau lagi menggunakan produk yang merusak alam. Mereka lebih suka produk eco friendly atau ramah lingkungan, salah satunya ya, kayu sengon, ” ujar Direktur Utama PT. Nagabhuana, Gunawan Wijaya.

Gunawan menyebut, unit pabrik di Wonogiri bakal bisa berkembang. Pasalnya, selain bahan baku kayu sengon melimpah, sumber daya manusianya terkenal keras, ulet, disiplin dan tidak neko-neko.

Sementara itu, Bupati Danar Rahmanto merespons pengembangan usaha berbahan kayu sengon. Dia menyebut, hal tersebut seiring dengan program Wonogiri Pro Investasi.

“Akan kami dorong regulasinya agar masyarakat mau menanam pohon-pohon lunak seperti akasia misalnya, karena pohon ini berusia pendek, dengan hanya membeli bibit Rp 800,- sampai Rp 1000,- saja 3 sampai 5 tahun kemudian sudah bisa memanen dengan harga jual rata-rata Rp 500.000,- per pohon,” papar Bupati.

Editor : Eddie Mutaqin

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge