0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

164 Calon Haji Masuk Rumah Sakit

RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso. (Dok.Timlo.net/ Aris Arianto.)

Wonogiri — Sebanyak 164 Calhaj (Calon Haji) asal Kabupaten Wonogiri dirujuk dan dimasukkan ke RSUD dokter Soediran Mangun Sumarso (SMS) untuk menjalani tes lanjutan. Mereka merupakan Calhaj yang termasuk berisiko tinggi dan berusia lebih dari 60 tahun.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Wonogiri Widodo melalui Kabid Upaya Kesehatan, Budi Ashari menjelaskan, total ada 164 Calhaj yang dirujuk untuk mendapatkan tes kesehatan lanjutan. Sesuai regulasi, Calhaj yang berisiko kesehatan tinggi dan lebih dari 60 tahun setelah mendapatkan tes di Puskesmas setempat, harus melanjutkan tes di rumah sakit rujukan. Kebetulan untuk Wonogiri, RSUD SMS ditunjuk menjadi rumah sakit rujukan itu.

“Tes dimulai hari ini (Senin, 9/9) sampai Rabu tanggal 11 September. Nanti yang dites hanya poin kesehatan sesuai rujukan dari Puskesmas. Misalnya, dari Puskesmas memberikan rujukan soal darah tingginya, maka di rumah sakit ya, hanya darah tingginya yang dites lanjut, ” jelas Budi di RM. Saraswati bilangan Brumbung, Selogiri, Senin (9/9).

Mantan Kepala Puskesmas Baturetno 1 ini kemudian mengatakan, tes akhir bagi keseluruhan Calhaj akan dilaksanakan di embarkasi. Meski begitu, hasil tes dari kabupaten tetap vital keberadaannya.

“Tetap disana (embarkasi) tes kesehatan finalnya, jadi nanti Calhaj begitu turun dari kendaraan, masuk ke ruang tunggu dan segera dilakukan tes kesehatan,” papar dirinya.

Terpisah, Kabid Pelayanan Medik RSUD SMS dokter Adhi Dharma menuturkan, tes kesehatan rujukan dilaksanakan di ruang paviliun. Lokasi yang sama digunakan untuk tes kesehatan seleksi calon anggota KPUD (Komisi Pemilihan Umum Daerah) Wonogiri.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge