0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rektor UNS: Lulusan PT Baru Terserap 7,25 %

Rektor UNS, Prof Dr Ravik Karsidi MS (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Prof Dr Ravik Karsidi MS mengungkapkan, lulusan perguruan tinggi (PT) yang terserap menjadi tenaga kerja baru sekitar 7,25 persen.

“Data tersebut menunjukkan bahwa lulusan sarjana saat ini masih memiliki banyak peluang kerja,” jelas Ravik saat bertemu wartawan, di Kampus UNS, Kentingan, Jebres, Solo, Senin (9/9).

Belum lagi mengingat PT juga bisa berkesempatan untuk membangun sumber daya manusia (SDM) berkualitas menuju generasi emas. Bila terdapat kegagalan dalam mengelola hal tersebut, Rektor UNS mengkhawatirkan bisa jadi akan membawa bangsa kepada malapetaka bencana kependudukan.

Menurut Ravik, yang pantas mendapat harapan dan tumpuan akan menyelesaikan masalah ini ke depan hingga menyongsong Indonesia emas, tidak lain adalah para lulusan PT. Mereka yang menjadi generasi emas yang paripurna yakni, yang mampu menjadi motor kebaikan di masyarakat untuk setiap bidang. Sekaligus generasi yang mampu menjadi solusi bagi setiap kemelut bangsa dan bukan sebaliknya.

Disebutkan, komposisi tenaga kerja, jumlah tenaga kerja baik di dalam maupun luar negeri (LN), sekitar 70,4 persen di antaranya masih didominasi oleh lulusan Sekolah Dasar (SD), lalu 22,45 persen oleh lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA), sedangkan sekitar 7,25 persen dari PT.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge