0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Komunitas Blogger Danukusuman

Perjuangan untuk Industri Kecil dengan Ngeblog

Komunitas Blogger Danukusuman bersama para pemenang lomba ngeblog. (Dok.Istimewa)

Solo — Upaya Komunitas Blogger Danukusuman untuk mendongkrak Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Solo melalui ajang Lomba Blog yang diadakan sejak bulan Juli kemarin patut diacungi jempol. Pasalnya, UKM yang berkecimpung didunia industri kecil memang sedang menemui kesulitan di bidang promosi terutama dalam skala yang lebih luas.

“Untuk lomba kali ini memang kita fokuskan untuk mendongkrak upaya promosi industri kecil, agar produk yang mereka hasilkan mampu dikenal masyarakat yang lebih luas,” papar Ketua Panitia Lomba Blog Danukusuan, Aris Joko Suraswo ketika ditemui Timlo.net, Senin (2/9) malam.

Dijelaskan Aris, setelah pihak panitia melakukan penilaian dari ratusan peserta lomba blog yang diadakan tersebut. Akhirnya, panitia menetapkan sejumlah pemenang. Juara pertama berhasil disabet oleh Daniel Hardianto yang mengangkat UKM Jenang Laweyan. Ditempat kedua berhasil dimenangkan oleh Suryanto Nur H, dengan mengangkat UKM Solo Hard Case Gitar yang berada di wilayah Kelurahan Semanggi, Pasar Kliwon. Sementara, juara ketiga berhasil diraih oleh Niko Ardanisatya yang mengangkat UKM pembuatan kaos distro di kawasan Ngemplak,

“Para pemenang berhak mendapatkan hadiah ditambah uang pembinaan, thropy serta sertifikat yang disediakan panitia,” terang Aris.

Dengan mengusung tema “Saatnya Pemuda Bangkit Membantu UKM Go Online” tersebut, Jelas Aris, diharapkan lomba tersebut memiliki dua efek manfaat. Baik dari pemberdayaan pemuda di wilayah Kelurahan Danukusuman, Serengan juga dapat mengangkat usaha UKM agar mampu mempromosikan dagangannya lebih luas lagi.

“Ini kali pertama kami adakan lomba blog dengan mengangkat UKM disekitar Kota Solo. Rencananya, dipenyelenggaraan kali kedua nanti akan melibatkan lebih banyak UKM lagi,” terangnya.

Terkait penilaian para pemenang, ditambahkan Aris, dari segi content blog, kreatifitas serta kecepatan dalam membuka blog tersebut menjadi pertimbangan khusus. Disamping itu, penggunaan bahasa promosi yang unik dan menarik agar pelanggan mau melihat secara langsung juga memiliki nilai tambah yang cukup signifikan.

“Kami menilai dari segi kreatifitas penggunaan template, kecepatan membuka blog, fitur-fitur yang terpampang dan masih banyak hal lain yang kami pertimbangkan. Meski begitu, originalitas dalam mengolah suatu UKM yang dipromosikan melalui media blog menjadi pertimbangan khusus dalam menentukan hasil kemengangan,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge