0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Patung Manusia Duduk Bersila Tanpa Kepala Ditemukan di Sawit

Patung Tanpa Kepala. (Dok.Timlo.net/ Nanin)

Boyolali — Sebuah patung manusia bersila tanpa kepala ditemukan di lahan kosong di Dusun Tegalsono Desa Kemasan Kecamatan Sawit. Diduga patung tersebut patung Budha Bersila. Diperkirakan masih banyak patung sejenis di lokasi, mengingat banyaknya batu hitam berserakan.

Patung tersebut terbuat dari batu hitam itu berada di antara semak belukar di tanah kosong yang nyaris tak terurus. Bentuknya mirip manusia sedang duduk bersila, di tubuhnya melintang sebuah selempang dari pundak kiri hingga pinggang kanan. Namun, patung itu tanpa kepala dan tangan kiri. Hanya saja, warga tidak mengethui pasti jenis dan buatan tahun berapa patung tersebut dibuat.

Di sekitar patung tersebut, terdapat potongan batu hitam. Namun, juga tidak diketahui pasti bentuk potongan batu itu. Warga setempat memperkirakan, di lokasi tersebut masih banyak patung-patung sejenis yang masih tertimbun tanah. Oleh warga, patung itu dibiarkan terbengkalai begitu saja.

”Sebelumnya di kebun itu ada pohon randu alas yang sudah ditebang. Di lubang bekas tebangan pohon itu, ada batu yang bentuknya mirip potongan leher. Kami terus saja menggali tanah, akhirnya ditemukan patung itu,” ungkap warga setempat Joko Suwanto, 47, Minggu (8/9).

Menurut dia, di lokasi tersebut diperkirakan masih banyak patung sejenis. Sebab, di sekitar tanah kosong itu jugabanyak terdapat batu bata ukuran besar. Selain itu, warga juga sering menemukan batu besar yang sudah berbentuk, seperti berbentuk kaki atau tangan. Namun anehnya, dari setiap temuan itu, tidak ada yang berbentuk kepala.

Menurut cerita yang beredar, konon lokasi tersebut adalah tempat untuk membuat patung. Sebab, sekitar 40 tahun silam, warga pernah melihat kerabat Keraton Surakarta mengangkut sejumlah patung dari tempat tersebut.

“Bentuknya macam-macam. Ada yang berbentuk gajah, Budha bersila, Ghanesa dan masih banyak lagi. Tapi setelah itu tidak ada kabar lagi,” lanjutnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge