0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Sendang Condong Sampur, Selalu Ramai saat Malam Jumat

()

Wonogiri — Tak cuma Kahyangan Dlepih di Kecamatan Tirtomoyo, wisata spiritual yang dimiliki Wonogiri. Pun di kecamatan Ngadirojo juga ada. Namanya Sendang Condong Sampur.

Sendang Condong Sampur berlokasi di Dusun Sidokriyo Desa Kerjo Lor. Posisinya berada tepat di pinggir Jalan Raya Wonogiri-Ponorogo kilometer 12. Sehingga sangat mudah dijangkau kendaraan apapun.

Condong Campur merupakan tempat favorit bagi mereka yang memiliki hobi bermeditasi. Suasananya sejuk lantaran dikelilingi pohon trembesi dan beringin berukuran besar. Ditambah lagi ada 2 buah mata air yang tetap mengeluarkan air meski kemarau panjang.

“Kalau hari Kamis malam Jumat pasti ramai. Banyak yang datang meditasi atau menepi disini. Rata-rata malah orang dari luar Wonogiri. Dari Jakarta atau Jawa Timur, ” ujar mBah Tukimin (72) warga sekitar, Minggu (8/9).

Lantaran banyak pengunjung, lanjut Tukimin, warga yang memiliki kepedulian, membangun semacam rumah terbuka. Fungsinya, sebagai tempat berteduh pengunjung saat hujan. Juga dibangun dinding penutup di kedua sumber air.

“Tapi yang sumber sebelah utara airnya menyusut cepat. Namun, tetap tidak kering, ” jelas dia.

Terpisah, Camat Ngadirojo Muhammad Ainur Ridho menambahkan, sumber air Sendang Condong Sampur dimanfaatkan warga sekitar. Ada yang digunakan untuk mandi, mencuci, atau diambil airnya guna dimasak.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge