0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Finalis PPS 2013 gagap Falsafah Jawa

(Ilustrasi) Pemilihan Putra-Putri Solo (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo — Malam grand final pemilihan Putra-Putri Solo (PPS) 2013 digelar di Halaman Balaikota Solo, Sabtu (7/9) malam. Sepuluh pasang finalis PPS bersaing memperebutkan gelar Putra dan Putri Solo periode 2013.

Dalam malam grand final tersebut, finalis diuji dengan pertanyaan seputar kebudayaan, kesenian serta problematika yang ada di Kota Solo. Selain itu, mereka juga diuji tentang peribahasa dan kosakata yang menjadi dasar dari falsafah kehidupan “wong” Jawa. Seperti, Ojo Dumeh, Ing Ngarso Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karso Tut Wuri Handayani dan Mikul Dhuwur Mendem Jeru.

Saat panitia memberikan pertanyaan tentang falsafah Jawa, sebagian finalis PPS agak kesulitan memberikan jawaban. Sehingga saat mereka  memberikan jawaban yang kurang tepat, ribuan penonton langsung menyoraki mereka

Acara yang dihadiri oleh Finalis Putri Indonesia Kepulauan Jawa, Rachel Georghea Sentani, Perwakilan Duta Wisata Jakarta (Abang-None), Yogyakarta (Diajeng-Dimas), Malang (Kakang-Diajeng) dan sejumlah duta wisata dari kota lainnya tersebut berlangsung meriah. Terlebih, finalis PPS 2013 juga turut unjuk kebolehan dengan memainkan seperangkat gamelan Jawa dan menyanyikan tembang Gugur Gunung dan Sayuk Rukun.

Finalis PPS yang memakai dalam balutan busana khas Jawa tersebut tampak gagah dan anggun. Selain itu, acara yang dimeriahkan dengan kehadiran Sruti Respati yang menyanyikan lagu “Putri Solo” kian mengentalkan suasana malam Pemilihan PPS 2013 makin meriah.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo, Widdy Srihanto mengatakan tugas dan tanggung jawab PPS 2013 akan semakin berat. Pasalnya, Kota Solo yang menggali potensi budaya dan pariwisata harus dipelajari dan diperkenalkan kepada khalayak ramai khususnya wisatawan domestik maupun internasional.

“Tugas PPS 2013 ini harus mampu mengenalkan Kota Solo kepada warga atau wisatawan baik dalam maupun luar negeri,” ucapnya ditemui di sela acara.

Dirinya berharap, semoga pemenang PPS 2013 kali ini mampu membranding Kota Solo untuk menarik wisatawan agar mau berkunjung ke Kota Solo.

“Harapannya, mereka (PPS 2013) mampu membawa nama Solo, sehingga dikenal luas oleh masyarakat,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge