0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bank Pemerintah Sumbang Peningkatan Aset Tertinggi

Bank BRI (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo – Perbankan di wilayah Soloraya pada Juli 2013 memperlihatkan kinerja yang makin mengkilap, terlihat dari meningkatnya indikator utama perbankan seperti perkembangan aset. Dari sisi kelompok bank, kontributor utama peningkatan total aset berasal dari peningkatan aset bank pemerintah sebesar 20,85 persen (year on year).

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Ismet Inono, menyebut porsi kepemilikan aset bank pemerintah tercatat sebesar 52,94 persen dan bank swasta 47,06 persen. Dengan distribusi lokasi menurut wilayah paling besar di Kota Solo yang mencapai 72,00 persen dan paling kecil di Kabupaten Wonogiri sebesar 3,57 persen.

Sementara itu, jika ditilik dari sisi dana pihak ketiga (DPK) alias simpanan masyarakat yang berhasil dihimpun, pada Juli 2013 terjadi peningkatan sebesar 16,72 persen dari Rp 32,54 triliun pada tahun sebelumnya menjadi Rp 37,98 triliun. Peningkatan ini terutama karena meningkatnya giro sebesar 21,41 persen.

“Peningkatan ini dapat diartikan adanya peningkatan daya beli masyarakat, sehubungan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Ini tercermin dari meningkatnya pendapatan atau adanya perubahan dari pola komsumsi menjadi pola investasi dalam bentuk simpanan,” jelas Ismet Inono, pekan ini.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge