0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Dia! Alasan Kenapa Kita Harus Punya Banyak Teman

Telepon (Dok.Timlo.net/ redaksi)

Timlo.net—Terlalu sering sendirian bisa meningkatkan resiko terkena serangan jantung dan kanker, demikian kesimpulan dari penelitian terkini yang dilakukan oleh American Sociological Association.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang menyendiri memiliki tanda-tanda peradangan yang lebih tinggi di aliran darah mereka daripada mereka yang gemar bersosialisasi. Mereka yang memiliki interaksi sosial yang minim, misalnya hanya memiliki satu atau dua teman dekat, memiliki resiko mati karena kanker 24 persen lebih besar, dan resiko terkena serangan jantung 12 persen lebih tinggi.

Teman-teman membuat Andalebih sehat dengan cara melindungi Anda dari hal-hal penyebab stress dalam hidup, demikian hasil penelitian sebelumnya. Dalam beberapa penelitian lain, dukungan sosial ditunjukkan mampu mengurangi  resiko tumor pada pasien kanker. Tapi, jika Anda tidak punya kontak sosial yang cukup, sistem imunitas Anda bisa melemah, meningkatkan resiko terkena depresi dan penyakit lain.

Semakin sering Anda kesepian, semakin banyak peradangan terakumulasi, semakin buruk perasaan Anda, demikian tulis Men’s Health.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge