0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

SMK Pancasila Wonogiri

Pemilihan Ketua OSIS Mirip Pemilu, Kotak Suara Pinjam KPU

Siswa SMK Pancasila 1 Wonogiri memasukkan surat suara ke dalam kotak pinjaman KPUD dalam pemilihan Ketua Osis periode 2013-2014 (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri —  Helatan pemilihan Ketua OSIS SMK Pancasila 1 Wonogiri periode 2013-2014, Sabtu (7/9) dibuat semirip mungkin dengan pelaksanaan pemilu pada umumnya. Bahkan, sampai kotak suara dan bilik suarapun meminjam kepunyaan KPUD (Komisi Pemilihan Umum Daerah) setempat.

Halaman utama SMK Pancasila 1 Wonogiri, disulap layaknya Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam pemilu. Ada kotak suara, kartu suara, bilik suara ditempatkan dengan posisi berdekatan. Sementara beberapa panitia terlihat sibuk melayani para pemilih. Sedang, di deretan sebuah meja, duduk 3 orang calon ketua OSIS.

“Memang sengaja kami buat semirip mungkin. Ini bertujuan memberikan pembelajaran dan pembiasaan pemilu kepada 1.438 anak-anak kami, sampai-sampai kotak dan bilik suara pinjam dari KPUD . Hari ini adalah tahapan pemilihan suara, ada 3 calon yang maju,” ujar Kepala SMK Pancasila 1 Wonogiri, Joko Purwanto.

Dijelaskan, tahapan pemilihan ketua OSIS dimulai selepas Lebaran. Diawali rapat pleno, dilanjutkan pembentukan panitia, penjaringan, dan seleksi bakal calon.

“Intinya, dibuat seperti pemilu itu. Setiap calon juga punya tim sukses, ada kampanye, ada pemasangan tanda gambar. Bahkan, saat pelaksanaan tadi beberapa memilih Golput. Ini bagus untuk pembelajaran. Tidak masalah siapa yang jadi ketua OSIS nantinya,” beber Joko.

Tiga calon yang maju, Andian Davi Saputra, Restu Imam Sugiri, Hidayat menuturkan, mereka membentuk tim sukses dari rekan-rekan yang dianggap cakap. Tim sukses bertujuan menarik simpati pemilih, mengadakan kampanye, menempelkan tanda gambar sosialisasi, dan membantu pelaksanaan pemilihan secara damai dan tertib serta aman.

“Untuk pengadaan alat peraga dan kampanye menggunakan dana sendiri dari pemberian orang tua. Kami masing-masing habis 200 ribu. Kebetulan orang tua mendukung,” ujar Hidayat diamini dua calon lain.

Restu menambahkan, di antara seluruh calon, tim sukses dan siswa, sudah menjalin komitmen, yakni saling manjaga suasana kondusif dan siap mendukung siapapun nanti yang terpilih. “Toh, semua demi kebaikan bersama,” katanya.

Sementara dari perhitungan menyeluruh, Hidayat menjadi pemenang disusul Andian dan terakhir Restu.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge