0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Awas! Penipuan Hadiah Mobil Mencatut BlackBerry

Foto situs palsu Blackberry Indonesia. (Dok: Timlo.net/ Ranu)

Solo — Penipuan hadiah mobil yang mengatasnamakan PT RIM BlackBerry Indonesia dan PT TELETAMA ARTHA MANDIRI (TAM) ternyata masih marak terjadi. Modus tulisan SMS atau antar PIN ini berbeda-beda tapi memiliki beberapa unsur yang sama.

Salah seorang pengguna BlackBerry, Hendra (45), warga Jebres, Solo mengaku mendapatkan pesan antar PIN yang mengatasnamakan PT RIM BlackBerry Indonesia hari ini (Sabtu, 7/9). Pesan antar PIN itu dikirim pada pukul 04. 45 WIB.

Dalam pesan itu dikatakan bahwa Hendra memenangkan mobil Jazz merah PT.RIM BLACKBERRY INDONESIA dengan No RKP, ID. Pemenang: ( 25746XXX ). Selain itu, sang pengirim juga mencatut beberapa instansi terkait seperti Departemen Sosial (DepSos) RI,dan Samsat Polda Metro Jaya DKI.

Disebutkan bahwa pajak hadiah sebesar 10 persen (Rp 14 juta) sudah dibayarkan oleh perusahaan dan hadiah akan dikirim bila Hendra mengirim uang senilai Rp1.750.000 ke nomer rekening Samsat Polda Metro Jaya DKI. Selain itu, Hendra diminta untuk menghubungi nomer telepon Kabag Humas PT RIM BlackBerry Indonesia dan bisa mengecek informasi lebih lanjut melalui sebuah alamat email.

Hendra sendiri penasaran tentang isi pesan ini apalagi karena judulnya yang berwarna merah. Dia mengunjungi nomer telepon yang tercantum dengan menggunakan dua telepon berbeda. “Saat dihubungi dengan satu pesawat telepon ada perintah untuk meninggalkan pesan suara. Sementara saat menggunakan pesawat telepon lain terdengar suara bahwa nomer tersebut belum terpasang,” kata Hendra.

Dari penelusuran yang dilakukan Timlo.net, terdapat sejumlah kejanggalah yang dari pesan ini. Saat Timlo.net mengunjungi situs dari sang pengirim pesan, terlihat bahwa situs tersebut menggunakan layanan web gratisan dari Webs.com. Penipuan serupa yang pernah diulas juga menggunakan layanan web gratisan dari Weebly.com.

Selain itu, penipuan ini mengatasnamakan PT RIM BlackBerry Indonesia dan bila kita mengecek situsnya, penipu juga mencatut nama PT. TELETAMA ARTHA MANDIRI (TAM). Padahal perusahaan pembuat BlackBerry  ini telah berganti nama dari RIM (Research in Motion) menjadi BlackBerry dan alamat situs resmi mereka ada di sini.

PT. Teletama Artha Mandiri (TAM) sendiri selaku distributor ponsel di Indonesia ternyata sering dicatut dalam pesan-pesan penipuan. Dalam akun Facebook resmi mereka, TAM sendiri mengatakan bahwa mereka tidak akan mengumumkan nama pemenang undian melalui pesan SMS atau antar PIN melainkan melalui media cetak.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge