0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

SMK Marsudirini Sambut Haornas dengan Permainan Tradisional

Permainan tradisional SMK Marsudirini Marganingsih. (Dok.Timlo.net/ Tyo Eka)

Solo — Menyambut Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2013 tidak harus dengan olahraga modern seperti permainan sepakbola, tenis lapangan, atletik dan sebagaianya, tetapi bisa menerapkan permainan tradisional, seperti tarik tambang, gobag sodor dan sebagainya.

Permainan tradisional untuk menyambut Haornas 2013 pun digelar di lahan tengah SMK Marsudirini Marganingsih Solo. Meski permainan tradisional ternyata meriah juga. Bahkan diikuti 227 siswa yang terdiri dari kelas X, XI dan XII.

“Beragam permainan olahraga tradisional memang sengaja digelar untuk menyambut Haornas 2013,” ujar Wakil kepala (Waka) Bidang Kesiswaan SMK Marsudirini Marganingsih Solo, Yustinus Tri Sabawa Hadi saat ditemui wartawan di sela-sela acara, SMK Marsudirini Marganingsih Solo, Jumat (6/9).

Kendati terlihat sederhana, menurut Yustinus, permainan tradisional sarat nilai edukasi dan budaya konstruktif. Mayoritas permainan tradisional yang dilakukan secara berkelompok. Sehingga dapat melatih siswa untuk belajar bekerjasama dalam tim. Bahkan juga mengembangkan jiwa sosial anak karena berinteraksi dengan siswa lainnya.

“Itulah menjadi alasan bagi sekolah untuk mengenalkannya pada siswanya apalagi bertepatan dengan Haornas,” ujarnya.

Sementara itu, puluhan siswa tampak bersorak-sorak menyemangati teman-temannya yang sedang bermain tarik tambah. Bahkan menjadi bertambah ramai saat sejumlah siswa tersungkur ke tanah saat tidak dapat mempertahankan tarikan tambang mereka dari lawan.

Selain tarik tambang juga digelar lomba tarik tambang dengan bambu, gobag sodor, memindah bola dengan tali, dan sebagainya. Meski hanya permainan tradisional ternyata semua peserta cukup menikmati.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge