0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pensiunkan Linmas, Pemkot Diminta Berikan Penghargaan

Sejumlah anggota Linmas Solo saat membantu mengatur lalu-lintas (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo – Pemkot diminta memberikan penghargaan terhadap petugas perlindungan masyarakat (Linmas) yang harus pensiun lantaran faktor usia. Hal tersebut menyusul rencana Walikota yang membatasi usia anggota Linmas 19-56 tahun di 2014.

Sesuai dengan Peraturan Walikota (Perwali) No. 58A Tahun 2012 tentang Satuan Perlindungan Masyarakat, dicantumkan batasan usia bagi anggota Linmas sekurang-kurangnya 19 tahun dan maksimal 56 tahun dengan jenjang pendidikan minimal SMP atau sederajat. Rencananya, perwali tersebut mulai diberlakukan tahun depan.

“Barangkali ada satu mekanisme penghargaan kepada Linmas setelah purnatugas dalam bentuk apapun seandainya mereka benar-benar diganti. Jadi, jangan terkesan habis manis sepah dibuang,” kata Wakil Komisi I DPRD Solo, Dedy Purnomo saat ditemui wartawan, Jum’at (6/9) di DPRD Solo.

Meskipun telah berusia lanjut, sambungnya, kinerja petugas Linmas masih bisa dihandalkan. Namun karena merupakan peraturan, Perwali No. 58A Tahun 2012 harus tetap dijalankan.  Untuk itu, diperlukan pemahaman dan penyadaran bersama jika perwali tersebut benar-benar akan diterapkan.

Legislator PAN ini mengakui, minat pemuda di Kota Bengawan untuk menjadi anggota Linmas sangatlah minim. Jika nantinya dilakukan rekruitmen Linmas dan kemudian tidak memenuhi kuota, pihaknya meminta Linmas yang lama namun tidak memenuhi aturan untuk tetap dipertahankan.

Sementara, Wakil Ketua DPRD Solo, M. Rodhi mengatakan Walikota tentunya sudah memikirkan secara matang sebelum mengeluarkan perwali. Selain itu, perwali dibuat tentunya dengan mengacu ketentuan yang sudah ada. “Walikota mengeluarkan perwali kan tidak sekedar pokoke, pasti sudah dipertimbangkan,” urainya.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge