0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lakukan Pendampingan

Anggota DPRD Solo ke Cina dan Malaysia

Wakil Ketua DPRD Solo, M Rodhi (dok.timlo.net/daryono)

Solo —  Setelah sebelumnya Komisi III DPRD Solo batal mendampingi Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) untuk pameran ke Cina, kali ini giliran Komisi I mendampingi Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMPT) ke Cina. Selain Komisi I, Komisi IV juga melakukan pendampingan ke Malasya.

Legilator Komisi I yang ke Cina yaitu Ketua Komisi I Maryuwono dan empat Anggota Komisi I, EH Heny Nogogini, Dedy Purnomo, Wahyuning Chomaeson dan Marhaeni.

Wakil Ketua DPRD Solo, Muhammad Rodhi mengatakan kunjungan BPMPT yang didampingi Komisi I ke Negeri Tirai Bambu tersebut untuk mendalami perihal investasi. “Pendampingan oleh Komisi I itu merupakan permintaan BPMPT. Pendampingan komisi I juga telah mendapat izin dari Menteri Dalam Negeri,” katanya kepada Timlo.net, Jum’at (6/9) di gedung dewan.

Disampaikannya, pendampingan Komisi I dan IV ke luar negeri sah dan sesuai aturan yang berlaku karena telah mendapat izin dari Mendagri. Pasalnya kewenangan pemberian izin ada di Mendagri. “DPRD tidak punya kewenangan memberi izin,” ungkapnya

Rodhi menambahkan, tidak semua permohonan izin pendampingan ke luar negeri yang diajukan disetujui oleh Mendagri. Baru-baru ini, permohonan izin Komisi III ke China untuk mendampingi pameran Disperindag bersama sejumlah pengusaha tidak mendapat izin Mendagri. “Mendagri punya pertimbangan sendiri,” jelasnya.

Menanggapi pendampingan komisi-komisi DPRD ke luar negeri, Pegiat Pusat Telaah dan Informasi Regional (Pattiro), Alif Basuki mengatakan kunjungan pendampingan anggota DPRD ke luar negeri harus dilihat sisi efektifitasnya. “Pertanyaanya kalau belajar investasi kenapa harus ke Cina,” ungkapya.

Menurutnya, selama ini, hasil dari pendampingan ke luar negeri lebih banyak bersifat menghabiskan anggaran. Sementara hasilnya belum dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge